by

Ditengah Pandemi, Enam Koperasi Baru di Ambon Terbentuk

-Kota Ambon-77 views

AMBON,MRNews.com,- Meskipun ditengah situasi pandemi Covid-19, geliat hadirnya koperasi tetap ada. Terbukti, enam (6) koperasi baru berbadan hukum di Kota Ambon telah terbentuk dan siap bersaing dengan kompetitor yang sudah lama.

Enam koperasi itu diantaranya koperasi Jasa Karya Nia Karunia beralamat di Jl. Ot Pattimaipauw (RT. 001/RW.02) Talake Kelurahan Wainitu kecamatan Nusaniwe, Koperasi Jasa Mitra Usaha Diskar di Dusun Karanjang Kecamatan Teluk Ambon, dan Koperasi Jasa Dua Saudara Berdikari di Jl. Ir. Putuhena Desa Wayame Kecamatan Teluk Ambon.

Kemudian Koperasi Jasa Roslli Makmur yang berlokasi di Jl. Tanjung Riki Desa Leahari Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel) dan Koperasi Jasa Cahaya Berkat Cassie di Jl.Dr. Wem Tehupeiory Desa Hutumuri-Leitisel. Terakhir Koperasi Jasa Alumni Mandiri Ambon di kelurahan Uritetu Kecamatan Sirimau.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Ambon Marthen Keiluhu menuturkan enam koperasi itu kebanyakan bergerak dibidang jasa. Dirinya bersyukur meski Ambon belum pulih benar dari Covid-19, namun hadirnya enam koperasi itu yang telah aktif berjalan tunjukkan semangat dan komitmen kuat koperasi jadi penopang ekonomi rakyat.

Bahkan tak hanya enam koperasi berbadan hukum yang berkiprah di bidang jasa tersebut, namun ada juga beberapa koperasi yang saat ini sementara diusulkan dan sebagainya.

“Ada beberapa koperasi yang proses untuk pengusulan akta notaris. Kemudian ada juga yang animo masyarakat untuk membentuk sudah ada tapi belum proses, itu kita diminta untuk sosialisasi ke mereka. Itu yang kami sementara laksanakan,” jelas Keiluhu di Balaikota, Rabu (4/11/20).

Dinas juga tambah Keiluhu, sementara merevitalisasi beberapa koperasi yang sudah lama tak berjalan atau tak aktif untuk kembali diaktifkan khususnya koperasi pegawai negeri (Kopegneg) dan koperasi karyawan (Kopkar).

“Katong masih fokus ke instansi-instansi untuk direvitalisasi kembali usaha-usaha mereka yang memang ada yang musti jalan tapi seng talalu aktif diaktifkan kembali. Ada yang sudah tidak jalan lagi itu yang kita revitalisasi ulang. Semua kita jalan,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed