Bupati KKT Optimis Pertahankan WTP 2019

AMBON,MRNews.com,- Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) Petrus Fatlolon optimis dapat mempertahankan predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari penilaian Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Maluku terhadap penyusunan dan penyajian laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun 2019. Sebab untuk LKPD tahun 2018, KKT untuk pertama kalinya mendapat opini WTP.

“Saya sangat optimis kita bisa mempertahankan predikat opini WTP untuk LKPD 2019. Tidak turun ke WDP lagi. Sebab catatan dan rekomendasi BPK perlahan mulai kita evaluasi dan benahi sehingga sesuai porsinya. Tentu Pemda akan berupaya keras memberi yang terbaik, tetapi juga tidak bisa kerja sendiri. Maka perlu dukungan seluruh ASN, stakeholder terutama masyarakat agar tekad itu terwujud,” ujar Bupati usai menerima piagam penghargaan opini WTP atas LKPD tahun 2018 di Swissbel Hotel Ambon, Rabu (9/10).

Diketahui, KKT yang sebelumnya bernama MTB di tahun 2008-2012 mendapat opini Disclaimer dari BPK Maluku. Kemudian meningkat dalam kurun waktu tahun 2013-2017 meraih opini wajar dengan pengecualian (WDP). Hingga akhirnya LKPD tahun 2018 dibawah kepemimpinan Fatlolon-Utuwaly untuk pertama kali memperoleh opini tertinggi BPK yaitu WTP.

Selain KKT, lima kabupaten/kota lain yang menerima penghargaan WTP yakni Kota Ambon, Kota Tual, Kabupetan Buru, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dan Kabupaten Maluku Tenggara (Malra).

Sebagaimana diketahui, predikat opini WTP atas LKPD merupakan pernyataan auditor mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria. Pertama, kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah, kedua; karena kecukupan kelengkapan, ketiga; kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan keempat; efektivitas sistem pengendalian internal.

“Adapun pencapaian opini audit terbaik yang telah diperoleh tersebut menjadi sebuah langkah awal untuk memberikan pernyataan kepada publik mengenai kinerja keuangan pemerintah agar kepercayaan publik terhadap pemerintah dapat terus meningkat,” beber Plt Kepala Kanwil DPJb Maluku Tri Budhianto saat menyerahkan piagam penghargaan di sela-sela seminar keuangan. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *