by

Ada Jukir “Nakal”, Pengelola Diminta Konsisten Terapkan Parkir Progresif

AMBON,MRNews.com,- Pengelola parkir di Kota Ambon yakni PT Urimessing Security Guard Service diminta konsisten mengawasi jalannya penerapan parkir progresif atau jam-jaman terutama pada lima (5) kawasan strategis.

“Sampai saat ini masih digunakan alatnya untuk tarif parkir progresif. Kita tetap monitor. Maka kemarin kita sudah layangkan teguran tertulis ke pengelola untuk wajib gunakan progresif,” tandas Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Ambon Robby Sapulette.

Teguran itu dilayangkan karena kata Sapulette, berdasarkan pengawasan yang dilakukan pihaknya, diduga ada kecurangan yang sengaja dibuat para juru parkir (Jukir) “nakal” dengan mengabaikan tarif progresif, namun memungut tarif manual.

“Justru dari pengawasan makanya ketika ada Jukir yang nakal, kita buat terguran tertulis ke pihak pengelola,” tandas Sapulette kepada awak media di Balaikota Ambon, Selasa (28/9).

Kawasan strategis yang paling banyak “kecurangan” tarif progresif sesuai hasil pantauan sebutnya, di jalan AY Patty dan jalan Diponegoro. Sementara jalan AM Sangadji, Said Perintah dan Sam Ratulangi belum ditemukan.

“Kadang kala itu terjadi karena Jukir tidak mau capek. Karena parkirnya dihitung per jam. Nah walau sudah parkir lebih dari sejam, hanya ditagih 5 ribu. Padahal seharusnya sudah kena charge, dihitung dua jam. Itu kan merugikan mereka sendiri,” bebernya.

Menurutnya, dalam perencanaan kedepan memang, Dishub akan melakukan pelatihan dalam dua tahapan kepada para Jukir di Kota Ambon yang jumlahnya kurang lebih 150 orang agar semakin profesional dalam kerja.

“Namun pelatihan akan khusus dibuat bagi Jukir yang bertugas di kawasan strategis karena berkaitan dengan penggunaan teknologi untuk tarif progresif. Setelah itu baru diperluas ke titik yang lain sesuai dengan anggaran yang tersedia,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed