by

240 Pedagang Mardika & Warga Rapid Tes di 2 Lokasi

AMBON,MRNews.com,- Juru Bicara Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan COVID-19 Joy Adriaansz mengatakan, Rapid Tes Random yang dilakukan hari ini terjadi pada dua lokasi, yakni Terminal Mardika dan Puskesmas Rijali, melibatkan total 240 orang.

“Total masyarakat yang mengikuti Rapid Test hari ini sebanyak 240 orang, dengan rincian 151 orang di Terminal Mardika dan 89 orang di Puskesmas Rijali,” jelas Joy dalam keterangan tertulisnya yang didapat media ini, Sabtu (9/5).

Rapid test di Terminal Mardika kata Joy, berdasarkan lokasi tempat jualan dari pasien kasus 18 dan 21 versi Kota Ambon. Sementara di Puskesmas Rijali sesuai lokasi pasien kasus 19.

Pedagang dan masyarakat yang Random Rapid test kata dia, sesuai pendataan tracing dan tracking yang dilakukan tim dinas kesehatan (Dinkes) Ambon. Mereka yang memiliki kontak langsung dengan pasien 18, 19 dan 21 versi Kota Ambon dan berdagang tidak jauh dari lapak almarhum pasien kasus 18.

“Semua langkah antisipatif dilakukan Pemerintah Kota Ambon untuk menekan penyebaran COVID-19 di pasar dan terminal, mengingat sudah ada tiga orang yang terkonfirmasi positif di pasar,” terang Jubir.

Tidak hanya hari ini, lanjut Joy, Random Rapid Test akan dilanjutkan Senin mendatang sesuai data yang terkumpul. Terkait hasil test, bila ditemukan reaktif, maka akan dilakukan isolasi terpusat dalam pengawasan Dinkes Ambon dan selanjutnya diambil Swab terhadap orang tersebut secara tertutup.

“Gugus Tugas tidak pernah mengeluarkan atau mengumumkan data pasien atau masyarakat yang mengikuti Rapid Test, baik yang dinyatakan reaktif maupun non reaktif,” tegasnya.

Karena itu, dirinya menghimbau masyarakat, apabila menerima pesan dalam bentuk apapun terkait data-data pasien atau masyarakat yang mengikuti Rapid Test, untuk tidak meneruskan pesan tersebut kepada pihak lain.

“Kami harap masyarakat lebih bijak dalam menyikapi informasi yang berkembang saat ini. Kami sangat menghormati dan ingin menjaga perasaan saudara-saudara kami yang dengan keikhlasan mau mengikuti rapid test,” kunci Kadis Kominfo-Sandi Ambon. (MR-02/MC)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed