by

Situasi di Kota Tual Aman, Kapolda Apresiasi Warga

AMBON,MRNews.com,- Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar mengapresiasi langkah kedua masyarakat desa Taar dan Holat, yang bermukim di kompleks Un, Kecamatan Dullah Selatan, Kota Tual yang mampu menahan diri sehingga bentrokan kedua warga desa tersebut tidak meluas.

Kini kondisi di Kota Tual pun sangat aman terkendali. Hal itu bahkan dijamin orang nomor satu di Polda Maluku situasi keamanan diperbatasan kedua desa termasuk Maluku Tenggara dan Kota Tual kondusif seterusnya.

“Alhamdulillah pasca pertemuan semalam di kantor Walikota, situasi sudah sangat aman terkendali. Hanya saja personil masih kita tempatkan dilokasi ini (perempatan Un Wartel) dan patroli jalan sama biasa. Saya dan pak Dandrem serta seluruh unsur sangat mengapresiasi warga karena tidak terlibat bentrokan yang meluas,” tandas mantan Kapolda Sulawesi Barat, Jumat (13/3/20) sore.

Kapolda Jumat (13/3), memimpin apel personil gabungan TNI-Polri, diperempatan Un Wartel lokasi pemicu ketegangan antar warga desa Taar dan Holat, yang bermukim di kompleks Un, Kecamatan Dullah Selatan, Kota Tual, Apel dilokasi kejadian dihadiri Dandrem 151/Binaiya.

Selain itu, Karo Ops Polda Maluku, Kabid Humas, Dansat Brimob, Danlanal Tual, Dandim, Kapolres dan para tokoh masyarakat dari kedua kelompok warga, juga disaksikan kedua kelompok masyarakat yang nyaris bentrok itu.

Kapolda mengaku, sengaja apel dilokasi kejadian untuk menunjukan kepada masyarakat agar selalu hidup dalam suasana damai.

“Kita berikan penguatan- penguatan dan semangat kepada personil dalam melakukan tugas dilapangan. Ada sekitar 150 personil gabungan. Kita juga ingin tunjukkan buat masyarakat ada aparat keamanan yang selalu bersama mereka, sehingga ketika terjadi sesuatu harus libatkan aparat,” kata Kapolda saat apel.

Menurut Jenderal Polisi Bintang dua ini, aparat keamanan akan meningkatkan patroli di Kota Tual, dan Maluku Tenggara, termasuk dikedua pemukiman masyarakat tersebut.

“Kehadiran kita (TNI-Polri) ditengah-tengah masyarakat sebuah kewajiban, karena kita berasal dari masyarakat. Kita harus berikan rasa aman dan nyaman untuk mereka. Patroli akan kita intensifkan diseluruh wilayah ini,” tutur Bahar, sapaan akrab Kapolda. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed