by

Temui Kapolda, Bawaslu Harap Polda Maluku Tekan Potensi Kerawanan Pemilu

-Maluku-91 views

AMBON,MRNews.com,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menerima kunjungan silaturahmi dari pimpinan dan anggota Bawaslu Maluku di Mapolda Maluku, Kota Ambon, Rabu (25/1/2023).

Hadir mendampingi Kapolda yaitu Irwasda, Direktur Reskrimum dan Kabid Humas. Sementara dari Bawaslu yakni Ketua Bawaslu Subair bersama tiga anggota yakni Stevin Melay, Thomas Wakanno dan Revency Rugebreght.

Subair katakan, kehadiran pihaknya ini untuk meminta arahan dan bimbingan dari Kapolda agar dapat menciptakan pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2024 yang aman dan kondusif.

“Perlu kami laporkan indeks kerawanan Maluku masuk kategori kuning. Kami berharap instansi terkait dan Polri juga selalu bersinergi dengan kami guna menciptakan Pemilu aman dan damai,” ujarnya.

Subair yakin, Polri khususnya Polda Maluku sudah memiliki pengalaman dalam pengamanan Pemilu.

“Untuk itu saya berhadap Polda Maluku dapat menekan potensi-potensi kerawanan pada saat Pemilu,” harapnya.

Kapolda Lotharia Latif, menyambut baik kunjungan kerja pimpinan dan komisioner Bawaslu Maluku. Ia berharap silaturahmi ini menjadi awal yang baik.

“Hubungan Polri dan Bawaslu selama ini sangat erat dalam hal pengamanan Pemilu,” kata Jenderal Polisi Bintang Dua itu.

Irjen Latif akui, pihaknya selalu melakukan evaluasi pelaksanaan Pemilu sebelumnya. Evaluasi dihelat untuk dijadikan pengalaman atau pembelajaran dalam melakukan pengamanan Pemilu-Pemilu selanjutnya.

“Yang terpenting kita selalu berkoordinasi, dan kolaborasi dalam melakukan pengamanan Pemilu walaupun ada banyak hambatan di lapangan,” ujar mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur.

Terkait netralitas Polri, Irjen Latif mengaku telah jelas sesuai aturan yang berlaku. Polri harus netral dan dilarang berpolitik praktis dalam bentuk apapun.

“Sudah saya teruskan ke jajaran agar hindari politik praktis dalam bentuk apapun. Kami selalu siap dalam menjaga stabilitas keamanan Pemilu mulai dari pengawasan maupun operasional,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed