by

Sah ! Polres Ambon Meningkat Jadi Polresta

AMBON,MRNews.com,- Status Polres Pulau Ambon dan Pp Lease telah sah meningkat menjadi Kepolisian Resort Kota (Polresta) Pulau Ambon dan Pp Lease sejak hari ini, Senin (18/11/19). Peningkatan status tersebut usai dikeluarkannya keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia nomor : KEP/1898/X/2019 tanggal 2 Oktober 2019 tentang perubahan tipe Polres Ambon menjadi Polresta Kota Pulau Ambon dan Pp Lease.

Dari keputusan itulah kemudian dilakukan upacara pengukuhan peningkatan status ke Polresta yang dipimpin langsung Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa selaku inspektur upacara di lapangan Apel Polres Ambon, Senin (18/11/19) pagi. Sementara komandan upacara yaitu kepala SPKT Polda Maluku AKBP Apeles Letty, diikuti seluruh personil Polres Ambon. Kapolda didampingi Ketua Bhayangkari Daerah Polda Maluku turut resmikan papan nama Polresta Kota Pulau Ambon & Pp Lease.

Dalam amanatnya, Kapolda Maluku menegaskan, peningkatan status merupakan bagian dari penataan kelembagaan yang dibarengi dengan peningkatan di berbagai aspek yakni sarana prasarana pendukung, pelayanan kepada masyarakat, keamanan dan ketertiban masyarakat serta diikuti oleh sumber daya manusia (SDM) personil yang unggul.

Jendral polisi bintang dua itu lantas berterima kasih kepada Kapolres Ambon AKBP Sutrisno Hadi Santoso atas kinerja dan dedikasi yang dilakukan selama ini sehingga Polres Ambon mendapatkan status menjadi Polres Kota Pulau Ambon dan Pp Lease.

“Naik tipe sejajar seperti Polresta Tangerang, Bogor, Manado, Denpasar dan lainnya. Tentu secara bertahap, SDM dan infrastruktur akan terpenuhi. Khusus SDM dimana jumlah personil akan bertambah paling tidak 20 persen, kemudian peralatannya juga harus ditambah sejalan bertambahnya SDM. Jumlah personil pasti ditambah, idealnya tentu untuk Polresta Ambon berkisar 1600, saat ini belum sampai 1000 personil,” ujar mantan Kakorlantas Polri itu.

Kemudian kata Royke, kemampuan melayani, menjaga dan memelihara Kamtibmas harus ditingkatkan. Sebab jangan hanya status meningkat, pangkat kepala menjadi Kombes Pol, para Kasat jadi Kompol dan lain-lain, tetapi kemampuan melayani juga harus meningkat sejalan dengan program prioritas Kapolri yang pertama adalah mewujudkan SDM unggul. Itu harus ditingkatkan dan dipelihara.

“Tentu perubahan status ini juga berpengaruh untuk Polsek-Polsek dibawah wilayah Polresta, SatKum juga. Berdampak juga pada rekrutmen polisi yang berlangsung setiap tahun. Nanti tinggal pembagiannya kita akan lebih prioritas kesini di Polresta Ambon penempatannya untuk lulusan bintara yang dididik di Passo,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed