by

Program “Basudara Pattimura” & “Basudara Manise” Selaras untuk Jaga Kamtibmas di Maluku

-Maluku-100 views

AMBON,MRNews.com,- Diluncurkannya program “Basudara Pattimura” oleh Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Syafrial bertepatan HUT-nya ke-56 sangat disambut baik Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif.

Pasalnya program dengan tujuan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) tersebut selaras dengan program Kapolda Maluku yakni “Basudara Manise”.

“Saya menyambut baik program “Basudara Pattimura” yang dilaunching Pangdam. Program ini selaras dengan program Polda Maluku “Basudara Manise untuk menjaga situasi Kamtibmas di wilayah Maluku,” ungkapnya di Markas Kodam XVI/Pattimura, Kota Ambon, Senin (18/9/23).

Kapolda berharap, program yang digagas Kodam Pattimura dan Polda Maluku ini, dapat menjadikan daerah ini sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang aman, damai dan sejahtera.

“Kami berharap program Basudara Pattimura dan program Basudara Manise ini bisa menjadikan daerah ini semakin kondusif, daerah yang aman, damai dan sejahtera,” harapnya.

Sebelumnya, Pangdam Mayjen TNI Safrial mengajak masyarakat untuk selalu menjaga komunikasi, sharing informasi, bertukar pikiran, serta meningkatkan interaksi dan koordinasi yang baik.

“Sehingga kita dapat saling mengenal, memupuk tali silaturahim, rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang lebih erat lagi,” pintanya.

Secara geografis kata dia, Maluku sangat dinamis, terdiri dari beberapa etnis dan agama. Masyarakat Maluku memegang erat adat budaya yang telah diwarisi secara turun temurun.

“Masyarakat Maluku arif dalam menjaga kebudayaan “pela gandong, potong di kuku rasa di daging, ale rasa beta rasa, sagu salempeng dibagi dua. Inilah makna paling mendalam pada kehidupan di bumi Raja raja ini,” pungkasnya. (MR-02/Polda)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed