by

Permudah Nasabah, BNI Ambon Fokus Digitalisasi Layanan Tanpa Kantor

AMBON,MRNews.com,- Digitalisasi sudah menyentuh sampai ke berbagai elemen termasuk dunia perbankan. Maka BNI Cabang Ambon pun juga ikut menyesuaikan dan fokus pada perkembangan teknologi digital yang ada, lewat kerjasama dengan lembaga-lembaga lain.

Pemimpin Utama BNI Cabang Ambon Friedson WNK menyatakan, pihaknya saat ini menggandeng Indomaret, sebuah toko retail besar di Indonesia, dengan melakukan sebuah inovasi digital layanan tanpa kantor.

“Kita hanya gunakan mobile banking, ada menu tarikan tunai. Nanti muncul QR code, berlaku selama 3,5 menit paling lama. Itu di Indomaret nanti mereka scan, maksimum 1 Jut kita bisa narik tunai disitu,” jelasnya.

Manfaat layanan tersebut kata dia, sangat banyak. Salah satunya mempermudah nasabah tanpa harus ke kantor melakukan penarikan tunai.

“Kalau butuh uang 500 ribu, 300 ribu, 1 juta atau bahkan lebih. Tapi di satu gerai Indomaret bisa tarik maksimum 1 Juta saja, dengan batas transaksi maksimum di kartu 10 juta, itu bisa dilakukan,” urai Friedson di ruang kerjanya, Sabtu (14/5).

Layanan tersebut tandasnya, sudah berjalan di Kota Ambon sejak awal April atau sebelum bulan suci Ramadhan lalu. Banyak nasabah pun sudah coba menggunakan dan mendapat respon positif.

“Apalagi sekarang kalau tarik tunai transaksi di Indomaret dengan layanan itu dapat hadiah teh pucuk. Hasil transaksi, biaya Rp 4000 yang terpotong ke kita. Itu saja. Sangat memudahkan masyarakat untuk tidak perlu jauh lagi ke kantor/ATM,” tukasnya.

Pihaknya tambah Friedson, upayakan ekspansi layanan tersebut dapat menjangkau semua daerah di Maluku, tak hanya Kota Ambon. Bahkan bukan tidak mungkin, kerjasama akan meluas dengan Alfamart dan Alfamidi, Kantor POS.

“Bahkan bisa kita manfaatkan agen 46 untuk jalan. Otomatis kita tidak perlu buat kantor lagi, tapi mereka sudah jadi keterwakilan kita dalam berproses. Yang dimudahkan nasabah, agar mereka nyaman dan aman lakukan transaksi itu,” imbuhnya.

Selain itu, menurut dia, untuk membuka rekening tabungan, masyarakat tidak perlu lagi ke bank. Cukup dengan Selfi pakai handphone langsung terbuka rekeningnya dan nomor. Tapi bila butuh buku rekening, barulah ke kantor.

“Tinggal kita transaksi di M-banking. Kalau buka rekening tanpa buku juga bisa, sebab ada di handphone kita. Demikian pula jika kartu ATM rusak atau apa, mau ganti tidak perlu di customer servis. Sebab ada mesin DCS, bawa KTP, tempel, masukan norek dan pilih kartu, terima hasilnya,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed