by

Operasi Patuh Siwalima Kedepankan Cara Persuasif & Humanis

AMBON,MRNews.com,- Operasi lalulintas dengan sandi Patuh Siwalima 2021 terus bergulir mengedepankan cara-cara persuasif dan humanis kepada pengguna jalan di ruas Jalan Anthoni Reebok dan A.M. Sangadji, Kota Ambon, Rabu (22/9/21).

“Operasi patuh lalulintas tahun ini cara bertindak personil di lapangan lebih kedepankan persuasif, edukatif serta humanis dan tidak lakukan penindakan bagi pelanggar lalulintas,” kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. M. Rum Ohoirat.

Tindakan persuasif dan humanis kata Rum, lebih dikedepankan merujuk pada telegram Kakorlantas Polri tentang cara bertindak dalam pelaksanaan Ops Patuh Lalulintas.

“Jadi Ops Patuh secara serentak tahun ini sesuai telegram Kakorlantas Polri, meniadakan penindakan terhadap pelanggar lalulintas, namun diganti dengan tindakan persuasif serta humanis,” beber mantan Kapolres Maluku Tenggara.

Menurutnya, sejak 20 September atau memasuki hari ke tiga operasi tersebut, polisi lalulintas (Polantas) terus memberi himbauan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalulintas (kamseltibcarlantas) kepada masyarakat.

Polantas juga menyampaikan himbaun keamanan Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan. Mereka mendatangi tempat-tempat pangkalan ojek, halte dan lokasi berkerumun masyarakat.

“Selain memberikan himbauan, personil Ditlantas Polda Maluku ini juga lakukan sosialiasi melalui spanduk dan pamflet, serta pengaturan arus lalulintas,” tandas Rum.

Bahkan, terhadap pengguna jalan yang melanggar peraturan lalulintas, hanya diberikan teguran secara lisan.

“Tak hanya itu, tim Ops Patuh Siwalima juga menyalurkan bantuan beras kepada tukang ojek dan abang becak yang melintas di kawasan tersebut,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed