by

Kasus Covid-19 Melandai, Satgas: Warga Mulai Sadar Aturan PPKM

AMBON,MRNews.com,- Kasus Covid-19 di Kota Ambon pada beberapa waktu terakhir ini mulai melandai atau turun baik tingkat terkonfirmasi positif maupun meninggal. Sementara angka kesembuhan meningkat.

Hal ini tidak terlepas dari kesadaran warga terhadap aturan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro dua pekan lalu dan akan dilanjutkan hingga 8 Agustus mendatang untuk level III.

Koordinator fasilitas umum Satuan Tugas (Satgas) percepatan dan penanganan Covid-19 Kota Ambon Richard Luhukay menilai, kesadaran warga terkait penerapan PPKM sudah mulai membaik.

Kesadaran itu terlihat lewat kedisiplinan sejumlah masyarakat dengan mengikuti semua aturan-aturan yang tertuang dalam PPKM.

“Saya tidak bisa bilang tinggi karena tergantung warga punya penerapan aturan PPKM,” kata Luhukay di Balaikota, Senin (26/7).

Hal positifnya, lanjut Richard, pelanggaran yang dilakukan warga relatif sedikit kalau dibandingkan dengan awal pelaksanaan PSBB transisi di Kota Ambon.

“Selama kita operasi PPKM pukul 17.00 sesuai instruksi Walikota nomor 5 tahun 2021, semua kawasan pertokoan rata-rata tutup, cuman ada sektor-sektor usaha tertentu yang buka sampai jam 20.00 WIT,” katanya.

Pihaknya tambah Luhukay, akan terus memantau aktivitas warga sepanjang pelaksanaan PPKM level III. Karena semua ini semata-mata demi untuk kebaikan bersama.

“Satgas selalu melakukan pengawasan bahkan mengerahkan seluruh pejabat baik di Desa, Negeri maupun Kelurahan di yang dia Kota Ambon,” sebutnya.

Bahkan menurut dia, setiap hari, pihaknya menerima laporan dari semua pejabat Desa, Negeri dan Kelurahan terkait PPKM. “Tiap hari ada pelaporan ke kami,” ujarnya.

Tambah dia, pelanggaran yang dibuat warga selama PPKM bisa dihitung dengan jari. “Hanya berkisaran belasan. Namun, tak ada sanksi administratif, ” jelasnya.

Dia mengangap, cara meningkatkan kesadaran warga terkait PPKM lebih baik dengan persuasif. “Kami tidak mau beratkan warga ditengah pandemi,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed