by

Inovasi Pemkot Wajib Guna Kelola Anggaran Dimasa & Pasca Pandemic

AMBON,MRNews.com,- Workshop pengelolaan anggaran pasca Pandemic Covid-19 oleh APEKSI Komwil VI di kota Ambon diharapkan dapat hasilkan kebijakan strategis guna membantu pemerintah daerah (Pemda) di Komwil VI khususnya dalam pengelolaan anggaran pemulihan pasca Pandemic.

Pernyataan tersebut diungkap H. Marten Taha, Wakil Ketua I Pengurus pusat APEKSI sebelum membuka workshop APEKSI Komwil VI di Restoran Sari Gurih Lateri Kecamatan Baguala Ambon, Kamis (10/6).

Maka sepatutnya ide dan inovasi dapat disampaikan lewat workshop tersebut agar menjadi bahan bagi daerah dalam pemerintahan terutama pengelolaan keuangan guna pemulihan ekonomi.

“Diharapkan Pemkot di Komwil VI nantinya memiliki inovasi untuk tetap bisa mengelola anggaran dengan baik dan melayani masyarakat dalam situasi Pandemi yang belum berakhir,” terang Walikota Gorontalo itu.

Sementara itu, ketua APEKSI Komwil VI Capt Ali Ibrahim mengapresiasi Walikota dan jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dengan sungguh-sungguh menunjukkan kepedulian pada kiprah APEKSI melalui workshop ini.

Pandemi Covid-19 kata Ali, bukan hanya berdampak pada kesehatan manusia tetapi juga memburuknya sistem keuangan negara yang ditunjukkan menurunnya berbagai aktivitas ekonomi domestik.

Sebab itu, pemerintah telah mengambil strategi kebijakan dan langkah luar biasa guna penyelamatan perekonomian nasional dan stabilitas sistem keuangan melalui berbagai kebijakan relaksasi.

“Strategi ini diwujudkan sebagai program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang bertujuan membantu meningkatkan daya beli masyarakat serta memulihkan perekonomian Indonesia. Adanya program PEN diharapkan pertumbuhan ekonomi meningkat,” tandas Ali yang juga Walikota Tidore.

Workshop ini menurutnya, penting artinya sebab ditengah kondisi yang ada, pemerintah kota (Pemkot) dituntut tetap bisa memberi pelayanan terbaik. Apalagi dengan refocusing anggaran yang pernah dilakukan ditahun sebelumnya membuat sendi-sendi ekonomi menjadi lemah.

Dikatakan, Workshop ini hadirkan narasumber yaitu Deputi bidang koordinasi pengembangan wilayah dan tata ruang Kementerian Perekonomian selaku keynote speaker, Deputi bidang usaha mikro Kementerian Koperasi dan UKM.

“Penutupnya ada Walikota Kediri yang akan berbagi pengalaman bagaimana UMKM go digital yang digagas Pemkot Kediri dalam memfasilitasi UMKM di Kediri agar piawai melakukan penjualan online. Pelengkap workshop ini, ada fasilitator dari LPPM IPB akan membantu memperkuat rekomendasi yang dihasilkan,” jelasnya.

Sebelumnya, Walikota Ambon Richard Louhenapessy dalam sambutan selamat datang mengaku, tidak hanya masyarakat dan Pemkot Ambon begitu ramah, namun alam juga turut menerima, karena untuk acara ini tidak ada hujan, padahal beberapa hari terakhir Ambon diguyur hujan.

“Inilah kota Ambon, dan tentunya rakyat Kota Ambon mendukung. Jika ada yang kurang berkenan dapat disampaikan untuk diperbaiki,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed