by

Hujan Lebat di Ambon, Pohon Tumbang Tutup Sejumlah Akses Jalan

AMBON,MRNews.com,- Hujan lebat yang mengguyur kota Ambon seharian ini tak saja membuat jembatan di Halong Arbes nyaris putus, tetapi juga mengakibatkan pohon tumbang diberbagai kawasan.

Tagal itu, sejumlah akses jalan ditutup dari arus kendaraan. Pasalnya jika tidak dilakukan, maka akan berdampak kepada pengendara dan masyarakat yang melintas.

Pantauan media ini, Minggu (10/7) sore hingga malam, pohon tumbang terjadi di Jalan Sultan Hasanuddin depan kawasan Mako Brimob Tantui, depan monumen Ambon City of Music Desa Hative Besar Kecamatan Teluk Ambon.

Selain itu, longsor yang terjadi di Negeri Hukurila Kecamatan Leitisel juga membuat pohon tumbang di badan jalan. Kejadian serupa juga di Pasar Pisang Batu Koneng Desa Poka.

“Pohon tumbang di Hukurila sudah ditangani oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Ambon. Untuk yang di Batu Koneng sudah kita koordinasi dan sedang dibersihkan Damkar dan dibantu warga sekitar,” jelas Sekretaris BPBD kota Ambon Eva Tuhumury via WA.

Sementara di depan Mako Brimob, informasi yang didapat, personil Brimob dan warga setempat sedang berupaya membersihkan reruntuhan pohon agar akses jalan bisa normal.

“Pohon tumbang di Hative Besar kita sedang koordinasi dengan dinas terkait untuk penyediaan alat berat,” jelasnya.

Tak saja longsor yang mengakibatkan pohon tumbang, banjir juga terjadi dimana-mana.

Pantauan diberbagai media sosial, air naik menggenangi kawasan depan mall ACC Passo, depan pos Lantas Batumerah, AY Patty, Kadewatan, Tanah Tinggi, Batu Merah Dalam dan Kampung, Waihaong, Galala.

Banjir paling parah dialami warga kawasan Cokro Desa Waiheru Kecamatan Baguala yang membuat puluha rumah terendam. Bahkan kendaraan pun sulit melewati kawasan itu karena tingginya genangan air yang melewati jalanan.

“Untuk jembatan nyaris putus di Halong Arbes, info yang kami dapat untuk alasan keselamatan, Balai Jalan memberi pikiran teknis untuk kawasan itu ditutup sementara dari arus kendaraan. Warga bisa lewati arah Passo ke JMP maupun sebaliknya, atau masuki kawasan Lantamal,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed