by

Empat Puluh Calon Hakim MTQ XXVIII Jalani Orientasi

AMBON,MRnews.com – Sebanyak Empat Puluh Calon hakim musabaqah Tilawatil Qur’an menjalani Orientasi Calon Dewan Hakim MTQ XXVIII Kota Ambon Tahun 2018, oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur”an kota Ambon. yang berlangsung selama tiga hari nanti tepatnya di gedung Kantor Kanwil Agama Kota Ambon 23-25 Februari 2018. dengan menghadirkan pemateri dari Istitute Ilmu Al-Qur’an Jakarta.

kegiatan orientasi ini dilakukan guna melatih kemampuan,calon hakim MTQ dalam memberikan penilaian yang tepat dan berkualitas. sehingga akan melahirkan juara-juara MTQ kota Ambon yang mampu bersaing, dengan peserta dari daerah lain pada ivent yang lebih tinggi.

Ketua LPTQ Kota Ambon, Arsyad Namza dalam laporannya menyatakan, MTQ telah dilakukan sama berjenjang keseriusan masyarakat dalam merespon dari tahun ke tahun menunjukan peningaktan yang sangat signifikan, dilihat dari banyaknya keikutsertaan peserta yang hadir.

Dikatakan, dewan hakim adalah manusiawi yang berperan dalam pengembangan musabaqah, namun mereka juga memiliki melemahan dan keterbatasan, mengingat kelemahan itu, setiap tahun dilakukan orientasi hakim.

dengan tujuan meningkatkan pemahaman lembaga kehakiman, meningkatkan profesionalisme, menyiapkan calon dewan hakim yang cakap dan profesional dalam pelaksanaannya di tahun yang akan datang. sementara itu, Walikota Ambon dalam  arahannya yang disampaikan oleh Asisten I bidang pemerintahan Sekretariat kota Ambon, Mien Tupamahu menyatakan, AlQuran merupakan pedoman hidup umat manusia yang telah berperan selama empat belas abad, menata kebudayaan dan peradaban dunia hingga saat ini dalam segala aspek kehidupan manusia, kitab suci AlQuran dilihat dari sisi mana saja, selalu menimbulkan cahaya yang berbeda,beda,mudah dihafal, idah dilagukan,mudah diresapi.

Dijelaskan,Musabaqah tilawatil Qur’an yang dilakukan setiap dua tahun sekali merupakan ivent untuk mengevaluasi sekaligus memotivasi generasi muda islam yang berkualitas.

pentingnya kegiatan orientasi bagi calon dewan hakim MTQ ini memberikan pembobotan pengetahuan tentang semua mata lomba yang dilombakan.

Diharapkan, Orientasi ini dapat menghasilkan Hakim MTQ yang berkualitas dan profesional, sehingga dapat memberikan penilaian yang baik dalam berbagai moment islamiah yang berkaitan dengan MTQ.  (MR-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed