by

Dua Pekan Kedepan, Ambon Miliki Sekkot Baru

AMBON,MRNews.com,- Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler katakan, proses rekomendasi tiga nama Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pasca seleksi ulang diharapkan telah ada satu atau dua Minggu kedepan.

“Rekomendasi KASN akan turun tergantung proses di KASN saja. Lebih cepat lebih baik. Mungkin satu atau dua Minggu kedepan sudah bisa ada Sekkot Ambon yang baru,” tandas Hadler kepada awak media di Ambon, Sabtu (4/12/21).

Alurnya pasca seleksi ulang Kamis (2/12) oleh Panitia Seleksi (Pansel) kata Hadler,
hasilnya akan diproses Pansel dan akan diserahkan ke Walikota Ambon selaku pejabat pembina kepegawaian (PPK).

“Apakah nanti pa Walikota akan tugaskan saya, pa Benny atau Pansel mengantar ke KASN, guna mendapat rekomendasi & persetujuan, tergantung beliau,” akunya.

Nantinya ketika rekomendasi KASN telah turun tiga nama lanjut Hadler, Walikota akan konsultasikan ke Gubernur Maluku. Barulah kemudian orang nomor satu di kota ini akan menentukan satu dari tiga nama untuk menjadi Sekkot Ambon.

Hadler juga membantah soal isu telah adanya SK Kemendagri yang menetapkan tiga nama calon Sekkot telah turun namun dibatalkan Pansel maupun Kepala BKPSDM Ambon.

“Prosedur penetapan Sekda Kota/Kabupaten yang dulunya kewenangan Kemendagri, sekarang tidak lagi. Setelah Pansel dibentuk untuk lakukan seleksi, hasilnya disampaikan ke KASN untuk menilai sesuai ketentuan yang berlaku dan rekomendasi tiga nama,” tegasnya.

Terpisah, sekretaris tim Pansel Sekkot Ambon Jasmono katakan, hasil akhir pelaksanaan seleksi akan dilaporkan Pansel secepatnya kepada PPK dalam hal ini Walikota, untuk selanjutnya diteruskan ke KASN.

Sampai ditahap itulah, menurut Kepala BKD Provinsi Maluku itu, merupakan kewenangan Walikota dan KASN, bukan lagi Pansel.

“Nanti berdasarkan hasil rekomendasi terhadap pelaksanaan seleksi dari KASN akan disampaikan ke pa Walikota untuk nanti ditetapkan beliau, salah satu dari tiga orang peringkat terbaik sebagai Sekkot.,” ungkap Jasmono di ruang kerjanya.

Ditambahkan, seleksi ulang terhadap dua aspek yaitu penulisan makalah dan wawancara akhir yang dilakukan Pansel beberapa hari lalu sesuai hasil konsultasi dan rekomendasi KASN, hasilnya sudah sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Diketahui, keenam calon Sekkot yang mengikuti seleksi diantaranya Enrico Matitaputty, Fahmi Salatalohy, Joy Adriaansz, Jacob Silanno, Agus Ririmase dan Samuel Huwae.

Saat ini, posisi Sekkot setelah pensiunnya A. G Latuheru dijabat Pelaksana Harian (Plh) Rulien Purmiasa, karena Sekkot terpilih hasil proses seleksi belum direkomendasi KASN. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed