by

Bahas Hak Nakes, RSUD dr Haulussy Hadir Tanpa Data

AMBON,MRNews.com.- Tim I gugus tugas Covid-19 DPRD Maluku menggelar rapat bersama mitra yakni Dinas Kesehatan Maluku, Direktur rumah sakit umum daerah (RSUD) dr Ishak Umarella-Tulehu Maluku Tengah, dr Dwie Mutri dan rumah sakit umum daerah DR Haulussy-Ambon, Rabu (28/7).

Rapay yang dipimpin ketua gugus Melkianus Sairdekut guna mengetahui hak hak tenaga medis yang belum dibayarkan.

Plt Direktur RSUD dr Haulussy-Ambon dr Justini Pawa menegaskan jika untuk tenaga kesehatan (Nakes) berjumlah 224 orang dengan total 1,4 M untuk bulan Januari sudah siap dibayarkan.

Sedangkan bulan Febuari sampai dengan bulan Juni 2021 sementara diproses.

Sementara Direktur RSUD dr Ishak Umarella-Tulehu dr Dwi Murti, menjelaskan jika untuk pembayaran intensif bulan Januari sampai April akan dibayarkan bulan ini. Sementara untuk bulan Mei hingga Juni dalam proses .

Menanggapi penjelasan dari pihak rumah sakit anggota tim I Hengky Pelatta menyayangkan penjelasan Plt direktur RSUD dr Haulussy-Ambon yang hadir tanpa data.

“Dari penjelasan ibu direktur kita sudah lelah kalau hanya keterlambatan pembayaran hak hak nakes karena aplikasi apalagi tanpa data Karena itu baiknya rapat ditunda,” ujar Pelatta.

Anggota tim I Edison Sarimanella menyayangkan penjelasan pihak rumah sakit umum daerah DR Haulussy yang masih berorientasi pada data .

Sedangkan Alimudin Kolatlena juga mengkritisi kinerja dinas dan rumah sakit dengan alasan klasik hanya soal penggunaan aplikasi dan data.

” Keprihatinan kita dimana Maluku dalam penyerapan anggaran penggunaan Covid-19 sangat rendah di Indonesia,” katanya.

Hal senada juga dikritisi Turaya Samal dan menyayangkan kinerja rumah sakit DR Haulussy-Ambon yang dari waktu ke waktu tidak ada perubahan kinerja.

“Kalau kinerja seperti ini dimana Gubernur sudah ditegur oleh Mendagri karena rendahnya penyerapan anggaran Covid-19 sangat disayangkan ” demikian Samal . (MR-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed