by

98 Penumpang KM Eno Karang di Aru Berhasil Diselamatkan

AMBON,MRNews.com,- KM Eno Karang yang bertolak dari Kota Dobo menuju Desa Jelia Kabupaten Kepulauan Aru mengalami kebakaran di sekitar Perairan Pulau Tabarfane, Jumat (30/9).

98 penumpang pun dievakuasi tim SAR gabungan pasca mendapat informasi dari Koorpos Unit Siaga SAR Kepulauan Aru dalam keadaan selamat.

Kasi Ops Basarnas Ambon Andry Azwan Henaulu katakan, pasca menerima informasi kejadian tersebut, satu tim SAR gabungan Kepulauan Aru pun dikerahkan ke lokasi kejadian guna lakukan Ops SAR pada koordinat duga 6° 7′ 44.3″ S – 133° 58′ 56.3″ E, Jarak -+ 28,97 Nm, dan Heading 214,38° arah Barat Daya dari Kota Dobo.

“Satu jam perjalanan, tim tiba dan lakukan evakuasi seluruh penumpang KM Eno Karang, 98 orang ke atas KMP Karwera untuk dibawa ke Desa Jelia Kecamatan Aru Selatan,” beber Henaulu, Sabtu (1/10).

Sementara KM Eno Karang yang sudah tidak bisa melanjutkan perjalanan berhasil ditarik kembali menuju Kota Dobo dengan KN Tarangan milik Dinas Perhubungan Kepulauan Aru.

Terbakarnya sebagian kapal menurut salah satu ABK, bahwa ketika perjalanan dan setiba di perairan Tabarfane, terjadi korsleting pada kabel blower mesin induk kapal yang mengakibatkan kebakaran didalam ruang mesin.

“Beruntung sebelum menyebar luas, api berhasil dipadamkan beberapa ABK. Insiden itu sempat membuat seluruh penumpang panik dan berteriak karena melihat banyaknya asap hitam dari ruang mesin,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed