by

44 Warga Ambon Penyandang Disabilitas Sudah Divaksinasi

AMBON,MRNews.com,- Sebanyak 44 orang warga penyandang disabilitas di Kota Ambon sudah disuntik vaksin COVID-19 petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) pada tahap ketiga yang menyasar kelompok rentan. Mereka tersebar pada lima kecamatan.

Kepala dinas kesehatan kota Ambon Wendy Pelupessy katakan, tercatat hingga hari ini, jumlah warga penyandang disabilitas yang telah tervaksin sebanyak 44 jiwa.

“Untuk sementara disabilitas 44 orang kita sudah vaksin,” jelas Pelupessy kepada media ini via seluler, Kamis (17/6).

Jumlah tersebut kemungkinan masih bisa bertambah. Sebab koordinasi masih dilakukan Dinkes dengan dinas sosial (Dinsos) agar semua penyandang disabilitas yang ada di kota Ambon bisa tervaksinasi, tanpa kecuali.

“Soal data penyandang disabilitas berapa banyak, kami sedang berkoordinasi dengan Dinsos agar semuanya bisa divaksin. Sebab mereka terwadahi pada Dinsos,” bebernya.

Tak saja koordinasi soal data, tapi kata Wendy, pihaknya dan Dinsos harus menitik beratkan pada kemauan keluarga sang penyandang disabilitas. Sebab untuk melakukan vaksinasi bagi mereka, terlebih dahulu harus mendapat persetujuan keluarga.

“Data kan dikeluarkan Dinsos. Sampai tadi kami belum dapat data pastinya. Karena untuk vaksin tidak bisa sepihak, harus ada persetujuan keluarga baru bisa vaksin,” beber Pelupessy.

Diakui Wendy, pihaknya saat ini sementara jalankan vaksinasi tahap ketiga yang masih memprioritaskan warga lanjut usia (Lansia), orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), penyandang disabilitas dan kemudian warga rentan, pecandu narkoba dan sebagainya.

“Selain vaksinasi tahap ketiga, kita juga suntik dosis kedua tahap dua bagi sasaran vaksin bulan lalu sampai awal Juni kemarin. Itu terpusat di Tribun Lapangan Merdeka agar terkontrol. Kalau yang mau ke Puskesmas untuk vaksin dosis kedua juga terserah, sama saja,” cetusnya.

Ditambahkan Wendy, hingga hari ini, jumlah warga yang telah melakukan vaksinasi di kota Ambon sebanyak 52.393 orang, termasuk didalamnya warga Lansia. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed