Waktu Dekat, Uji Coba Pembuatan Jalan Aspal Plastik di Ambon
Maluku 

 

AMBON,MRNews.com.-Dalam waktu dekat ini, pemerintah Provinsi Maluku akan melakukan uji coba pembuatan jalan dengan menggunakan aspal plastik. yakni aspal yang dicampur dengan sampah plastik tas kresek dengan perbandingan yang akan disesuaikan.

uji coba ini akan dilakukan di lokasi Tapal kuda, Air Salobar, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon. Demikian diungkapkan Kepala Dians Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Maluku, Ismail Usemahu kepada MimbarRakyatNews.com di kantor Gubernur Maluku (04/04)

Usemahu menyebutkan, campuran bahan plastik dan aspal panas, diyakini akan menambah daya tahan jalan tiga puluh hingga empat puluh persen dari sebelumnya yang hanya menggunakan bahan aspal saja. dan pembuatan jalan aspal plastik akan diutamakan pada jalan-jalan lingkungan di masyarakat.

“Kan kalau di jalan lingkungan, aktifitas masyarakat cenderung tinggi, dan sering tergenang, apabila dicampur dengan aspal plastik, tentunya kekuatan akan bertambah tiga puluh sampai empat puluh persen,”ucap Usemahu.

Dijelaskan, pihaknya juga telah mendapatkan bantuan mesin pencacah sampah dari Kementerian PU. dan saat pihaknya masih berproses, termasuk proses lelang.

“Saat ultah TNI tahun lalu, Kodam XVI Pattimura memberikan bantuan 10 ton sampah plastik,kita akan manfaatlan sampah itu juga,” cetus Usemahu.

Untuk diketahui, uji coba jalan menggunakan plastik ini, sudah dilakukan di beberapa daerah di Indonesia, seperti Bandung, Surabaya, dan kota Ambon juga akan gunakan itu. (MR-06)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *