Tanggap Bencana, Hurasan Apresiasi Kinerja BPBD

AMBON,MRNews,com.- Anggota DPRD Provinsi Maluku Dapil Maluku Tengah, Ruslan Hurasan menyambut baik sosialisasi yang digelar BPBD Provinsi Maluku maupun BPBD Maluku Tengah bersama dengan BMKG Maluku di Desa Hitu Lama, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah terkait menangkal berita Hoax bencana gempa dan tsunami.

Menurut Hurasan, sosialisasi yang digelar mesti merangkul semua pihak agar masyarakat dapat memahami bencana gempa dan tsunami serta bisa melakukan evakuasi diri secara mandiri . Gempa bumi dan tsunami tidak dapat diprediksi sehingga masyarakat tidak mudah percaya isu yang belum tentu benar.

“Pasca gempa baik itu BPBD Maluku dan Maluku Tengah giat melakukan sosialisasi agar masyarakat tidak panik untuk menghindari adanya korban. Bahkan kepedulian relawan dan tim medis dalam penanganan pasca gempa bagi masyarakat sangat cepat sehingga patut diberi apresiasi” ujarnya kepada wartawan di Hitu, Jumat (11/10/19).

Pentingnya koordinasi dilapangan antara relawan patut dipertahankan agar semua permasalahan di lokasi pengungsian dapat teratasi terutama menyangkut masalah kesehatan. Banyaknya jumlah anak-anak ditempat pengungsian membuat perlu dilakukan trauma healing untuk menghilangkan trauma anak pasca gempa. Perlunya koordinasi antara BPBD Maluku dan BPBD Maluku Tengah agar persoalan di lokasi pengungsian dapat tertangani dengan baik.

Dirinya berharap, masyarakat tidak panik saat gempa namun bisa secara mandiri melakukan apa yang mesti dilakukan. Karena itu, masyarakat perlu siaga dan memahami jalur evakuasi menuju tempat aman yang terdekat.

“Dengan adanya sosialisasi diharapkan masyarakat lebih tanggap dan mandiri melakukan evakuasi dan memahami bencana gempa dan tsunami secara benar” demikian Hurasan. (MR-01)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *