by

“Satukan Rasa” Ambon-Maluku Gondol Juara FLP B2SA Nasional

AMBON,MRNews.com,- Mengusung menu paket lunchbox ‘Satukan Rasa’ yang terdiri dari ketupat sagu, urap kelor, ikan kuah kuning dan sirsak pepaya keluar, Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kota Ambon yang mewakili Provinsi Maluku, berhasil menggondol juara pertama dengan total nilai rata-rata 82.19 dalam Festival Pangan Lokal (FPL) Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat nasional tahun 2019 yang berlangsung di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (2/11/19).

Sementara juara kedua dari TP-PKK Kabupaten Natuna Provinsi Riau dengan total nilai rata-rata 81.54, disusul Kabupaten Ponawe Selatan Provinsi Sulawesi Tengah dengan total nilai rata-rata 80.11 sebagai juara ketiga. Untuk menu komersil, Maluku yang menghadirkan menu sarut kenari, bagia kenari, dan halua kenari meraih juara ketiga.

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Ambon Johny Tupan akui, TP-PKK Kota Ambon sebagai perwakilan Maluku diikutsertakan dalam FPL B2SA tingkat nasional 2019 pada cluster sagu berhasil keluar sebagai juara pertama kategori lunchbox B2SA dan juara 3 di kategori pangan olahan komersial.

“Ini prestasi luar biasa dan harus diberi apresiasi. Kerja keras yang dilakukan selama 7 bulan terakhir berbuah manis bagi Maluku, terlebih khusus Kota Ambon. Sesuai pedoman umum FPL B2SA tahun 2019, Maluku yang diwakili TP-PKK Kota Ambon berkolaborasi dengan bidang ketahanan pangan DPKP telah berproses kurang lebih 7 bulan secara berjenjang,” kata Tupan melalui rilis yang diterima media ini dari tim media center Pemkot Ambon, Sabtu (2/11/19).

Sementara, Walikota Ambon Richard Louhenapessy memberikan apresiasi atas prestasi dari TP-PKK Maluku yang diwakili TP-PKK Kota Ambon. “Selamat dan sukses atas prestasi yang diraih TP-PKK Kota Ambon yang mewakili Provinsi Maluku dalam Festival Pangan Lokal B2SA tingkat nasional tahun 2019,” kata Walikota.

Tak lupa dirinya berterima kasih atas atensi dan pembinaan yang diberikan Ketua TP-PKK Maluku Widya Murad Ismail kepada TP-PKK Kota Ambon selama ini. “Terima kasih juga saya sampaikan kepada Ketua TP-PKK Kota Ambon Ibu Debbie Louhenapessy dan pengurus bersama Pokja 3 dan staf serta DPKP yang telah bekerja keras selama ini,” ungkapnya.

Diketahui, FPL B2SA yang berlangsung di Kota Kendari Provinsi Sultra merupakan bagian dari perayaan Hari Pangan Sedunia. Kegiatan tersebut berlangsung sejak tanggal 2 hingga 5 November 2019. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed