by

PPKM Level III Sukses, Dua RS Lapangan Kembali Tutup

AMBON,MRNews.com,- Sejak diberlakukan pada 9 Agustus 2021 lalu hingga berakhir hari ini atau selama dua pekan, Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level III lanjutan sukses mengendalikan dan menekan laju penyebaran Covid-19 di Kota Ambon.

Sebab faktanya, dua (2) RS lapangan yang digunakan pemerintah kota (Pemkot) Ambon sebagai tempat merawat pasien Covid-19, yakni hotel Wijaya dan LPMP telah ditutup seiring banyak pasien yang sembuh dari virus mematikan itu, serta kasus positif dan meninggal pun melandai.

“Tadi saya baru rapat staf dengan pasukan. Dan saya bersyukur Kota Ambon, kasus positif dan meninggal semakin melandai, turun jauh dan beberapa RS lapangan pun hari ini kita juga sudah tutup lagi yaitu hotel Wijaya dan LPMP,” tandas Walikota Ambon Richard Louhenapessy di Balaikota.

Ditutupnya hotel Wijaya dan LPMP menyusul satu RS lapangan lainnya, Guest House HI yang sudah lebih dahulu ditutup Pemkot beberapa waktu lalu sebelum PPKM level III lanjutan berjalan.

Dengan demikian sambungnya, RS lapangan yang tersisa dibawah koordinasi Pemkot yang menampung pasien warga kota hanyalah hotel Everbright dan Asrama Haji Waiheru.

“Sebelumnya sudah tutup Guest House HI, hari ini hotel Wijaya dan LPMP. Sehingga yang sekarang tersisa pasien dirawat itu cuma di Hotel Everbright saja dan provinsi punya Asrama Haji Waiheru,” beber Louhenapessy, Senin (23/8).

Artinya dengan ditutupnya tiga RS lapangan kata politisi kawakan partai Golkar itu, memberikan indikasi yang kuat bahwa memang perkembangan Covid-19 di Kota Ambon semakin terkendali penyebarannya dan menurun jauh.

Karena itu, soal apakah PPKM level III akan berlanjut dan tidak, nanti Pemkot dan Satgas akan melakukan evaluasi menyeluruh dan akan diputuskan besok, setelah menunggu arahan dan petunjuk lanjut dari pemerintah pusat (Pempus).

Akan tetapi memang, dapat dipastikan untuk beberapa jenis usaha seperti karaoke dan bioskop, sudah bisa dibuka lagi.

“Saya sudah disposisi ke dinas pariwisata untuk segera tindaklanjuti. Tentu dengan memperhatikan secara detail protokol kesehatan (Prokes). Termasuk juga tempat bermain anak-anak juga sudah bisa,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed