by

PKB Gagas Pendirian Rumah Aspirasi DOB Maluku

AMBON,MRNews.- Dewan Pengurus Wilayah PKB Maluku mengagas pendirian Rumah Aspirasi DOB (Daerah Otonomi Baru) Maluku di Ambon.

Rumah Aspirasi DOB ini akan menjadi ruang konsolidasi, komunikasi dan sinkronisasi agenda-agenda penjuangan daerah-daerah yang mengusulkan adanya pemekaran.

“Rumah Aspirasi DOB Maluku adalah rumah bersama bagi 13 daerah di Maluku yang telah mengajukan adanya DOB. Ini rumah bersama tempat melakukan konsolidasi, komunikasi dan sinkronisasi agenda-agenda penjuangan dalam merealisasikan DOB di Maluku”, ungkap Basri Damis Ketua DPW PKB Maluku dan Inisiator Rumah Aspirasi DOB Maluku kepada wartawan di Ambon, Rabu 31 Maret 2021.

Menurut Basri, upaya realisasi DOB telah memasuki babak baru setelah pembentukan Forum Koordinasi Nasional Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi/Forkonas PP-DOB.

Sehingga ada peluang bagi daerah-daerah yang selama ini menuntut adanya DOB dapat Kembali memperjuangkan aspirasinya.

“Memang betul situasi sekarang masih ada oratorium DOB yang berlaku sejak 2007. Namun kehadiran Forkonas PP-DOB, menjadi angin segar dan peluang untuk merealisasikan aspirasi DOB tersebut” lanjutnya.

Basri mengatakan lewat adanya Rumah Aspirasi DOB ini mereka akan melakukan kordinasi dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin selaku ketua Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah, agar dapat mengeluarkan kebijakan yang sifatnya “extra ordinary policy”.

“Kita akan menyampaikan aspirasi lewat pak Wakil Presiden agar dapat mengeluarkan extra ordinary policy, yaitu sebuah kebijakan khusus berdasarkan pertimbangan keadilan dan pemerataan dan kemanusiaan, agar permohonan DOB di Maluku dapat dikabulkan”, jelasnya.

Pihaknya optimis perjuangan ini akan membuahkan hasil dan realisasi DOB di Maluku akan mendapat dukungan dari pemerintah Provinsi dan pemerintah pusat.

“Kita optimis aspirasi ini akan dapat direalisasikan”, tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah DPW PKB Maluku Pieter Piere Temmar menyatakan, PKB akan mengkonsolidasikan kembali perjuangan DOB Maluku setelah beberapa tahun vakum akibat moratorium pemekaran DOB.

“Kita akan berkoordinasi dengan 13 wilayah yang mengajukan DOB untuk bergerak kembali, ikhtiar. Upaya tersebut lewat bidang pemerintahan dan otonomi daerah DPW PKB Maluku akan menggagas serial diskusi bertajuk DOB untuk Maluku, melibatkan tokoh-tokoh di 13 daerah di Maluku yang mengajukan DOB,” jelas Temmar.

Lewat upaya itu, sambungnya, seluruh stakeholder akan satukan persepsi kembali dan berjuang bersama dengan target tahun 2023 atau 2025, DOB untuk Maluku sudah terlaksana. (MR-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed