by

Pembangunan RPH Babi di Passo Telan Anggaran Rp 1,5M

AMBON,MRNews.com,- Pembangunan rumah potong hewan (RPH) khusus babi yang direncanakan terletak di Desa Passo-Arbes Kecamatan Baguala Kota Ambon akan menelan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar dari APBD Kota Ambon 2021.

“Iya, jadi pembangunan RPH khusus babi dia masuk tahun anggaran 2021. Ada Rp 1,5 miliar dari APBD bukan dana alokasi khusus (DAK),” sebut kepala dinas pertanian Denny Nendissa kepada awak media di Balaikota Ambon, Rabu (3/3/2021).

Namun diakui Nendissa, mulainya proses pembangunan RPH Babi tidak akan jalan ditriwulan pertama tetapi ditriwulan kedua 2021 ini.

Menurutnya, ada beberapa pertimbangan sehingga RPH Babi akan dibangun di Passo air besar (Arbes). Pertama karena ternak babi dikawasan tersebut sangat banyak, dekat dengan air yang melimpah sehingga tidak susah dan lokasi tanah yang strategis.

“Dia (RPH-red) tidak bisa ada lagi di Tawiri karena disitu ada RPH sapi. Babi harus jauh dari sapi. Di Passo sangat strategis karena beberapa pertimbangan itu serta beberapa alasan lainnya,” jelasnya.

Ditambahkan Nendissa, RPH Babi nanti yang akan dibangun itu posisinya juga jauh dari pemukiman warga. Sebab dalam standar kesehatan, RPH tidak boleh dekat dengan pemukiman karena bisa berpengaruh kepada psikologi masyarakat.

“Semua tergantung kembali ke masalah. Semua bisa bangun kalau ada dana. Sudah ada Rp 1,5 miliar dari APBD 2021 untuk pembangunan ditriwulan kedua baru jalan,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed