by

ODP di Maluku Melonjak, Malteng Susul Ambon PDP

-Kota Ambon, Maluku-1,236 views

AMBON,MRNews.com,- Perkembangan orang dalam pemantauan (OPD) yang diduga coronavirus disease (Covid-19) terus melonjak tajam. Yang tadinya hanya 53, kini Senin (23/3) siang per jam 12.00 Wit sudah mencapai 61 ODP atau orang yang berada diluar rumah sakit tapi dipantau.

Sementara kategori pasien dalam pengawasan (PDP) atau dirumah sakit, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) sudah menyusul Kota Ambon dengan satu PDP. Ambon sendiri 2 PDP, sehingga totalnya 3 PDP. Rinciannya untuk ODP, di Ambon 14, Malteng 0, SBB 3, SBT 0, Buru 10, Bursel 0, Tual 2, Malra 0, KKT 26, MBD 0 dan Aru 6.

Data itu berdasarkan paparan koordinator gugus tugas pencegahan dan penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Kasrul Selang didampingi Kadis Kesehatan Maluku dr Meykal Pontoh kepada awak di lantai VI kantor Gubernur Maluku, Senin (23/3/2020).

“Berdasarkan update perkembangan hari ini kepada gugus tugas, jumlah ODP secara keseluruhan mencapai 61, PDP 3 dari Malteng 1 dan Ambon 2, serta terkonfirmasi atau kasus positif 1. Kita sekarang sudah ditahap daerah tanggap darurat bencana non alam,” ungkap Kasrul.

Pihaknya kata Kasrul, bersyukur karena dari empat sampel yang dikirim ke Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) Kemenkes-Jakarta, seluruhnya sudah mendapatkan hasil, dimana satu positif dan tiga negatif. Meski sudah ditetapkan kejadian luar biasa (KLB) daerah tanggap darurat bencana non alam.

“Kita rapat dan putuskan bagi empat tim untuk pelacakan perjalanan O1 di bandara, hotel dan RSUD. Terkait manifest dan di bandara, bersama tim dari kota, kita sudah punya datanya. Juga di RSUD pertama kali tiba dan seterusnya dan hotel tempat 01 dan kawan-kawan inap, kita kerjasama,” jelas Kasrul. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed