by

Gustu Kota: Desa Negeri Lama Masih Nihil Kasus COVID

AMBON,MRNews.com,- Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Joy Adriaansz membenarkan Desa Negeri Lama Kecamatan Teluk Ambon saat ini tidak ada kasus terpapar COVID-19.

Pengakuan ini menyusul adanya release data kasus COVID-19 di Kota Amon per tanggal 14 Juli 2020 yang menerangkan Desa Negeri Lama tercatat dua (2) kasus positif.

“Sudah kita pindahkan sesuai domisili. KTP kedua pasien memang Negeri Lama tapi domisili Lateri. Kita patokan sesuai domisili jadi sudah clear desa Negeri Lama masih nihil kasus COVID-19,” ungkap Joy kepada media ini di Ambon, Sabtu (18/7).

Sebelumnya kepada media ini, penjabat kepala pemerintahan Desa Negeri Lama Ansyerin Horhoruw mengaku, adanya informasi kasus baru diwilayahnya sempat membuat panik masyarakat.

Namun saat dirinya berkoordinasi dengan dinas kesehatan kota Ambon, ternyata kedua warga itu merupakan pasangan suami-istri yang tidak lagi bermukim di Desa Negeri Lama. Namun memang masih gunakan kartu identitas diri beralamatkan Negeri lama.

“Saat dilakukan kordinasi ternyata mereka itu pasangan suami-istri yang sejak lama tidak lagi bermukim di desa kami, namun KTP mereka belum dirubah dengan kependudukan dimana saat ini mereka tinggal,” tutur Horhoruw, Jumat (17/7).

Baginya, kejadian itu bukanlah sesuatu hal yang perlu diperdebatkan, namun patut diluruskan agar tidak ada penilaian lain dimasyarakat desa maupun pihak luar.

“Semangat kerja keras bersama selama ini harus dipertahankan bahkan ditingkatkan agar desa ini benar-benar bersih dan aman,” pungkas alumnus IPDN itu.

Sementara, wakil ketua relawan Gugus Tugas Desa Negeri Lama Heindrik Maitimu berharap adanya kerjasama yang baik antara pemerintah kota (Pemkot) lewat GTPP dengan pemerintah desa, agar tanggungjawab yang diamanatkan pemerintah pusat bagi desa/negeri untuk membantu Pemkot juga dapat berjalan secara maksimal.

“Kerja terberat sesungguhnya ada di desa/negeri, sehingga kerja keras mempertahankan desa untuk tetap bersih dari kasus Covid bukanlah hal yang terjadi secara alamiah namun butuh pengorbanan dan kerjasama dengan rakyat untuk bersama mengikuti anjuran pemerintah,” harap Maitimu yang juga mantan kepala desa Negeri Lama periode lalu. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed