by

Bantuan Tahap Ketiga Disalurkan Polda Maluku ke 10 Titik

-Maluku-453 views

AMBON,MRNews.com,- Untuk ketiga kalinya Polda Maluku dan jajarannya menyalurkan bantuan bagi korban gempa bumi di kota Ambon, Kabupaten Maluku dan Seram Bagian Barat. Bantuan berupa 10 truk berisi bahan sembako, selimut, sarung dan kebutuhan lainnya disalurkan ke-10 titik lokasi pengungsian yang ada di kecamatan Leihitu dan Salahutu Maluku Tengah (Malteng), Rabu (9/10/19). Distribusi bantuan dilepas Wakapolda bersama para Karo, Kabid, Kayanma dan Kasetum.

Wakapolda Maluku Brigjen Pol Teguh Sarwono mengatakan, bantuan tahap ketiga ini merupakan hasil dari sumbangan seluruh personil Polda Maluku. Sebagai bentuk kepedulian personil Polda Maluku kepada para korban gempa, yang sampai detik ini masih hidup di tenda-tenda pengungsian. Artinya Polda akan selalu support masyarakat, hadir ditengah masyarakat, dan selalu siap mengamankan dan meringankan beban mereka, serta siap mendukung pemerintah dalam penanggulangan korban gempa.

“Hari ini (kemarin-red) Polda Maluku kembali menyalurkan bantuan tahap ketiga kepada korban gempa. Bantuan yang kita salurkan ini berasal dari seluruh personil Polda. Bantuan pertama, kita salurkan sehari setelah gempa, kemudian saat event TdAM II akhir September lalu. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat utamanya korban gempa,” jelas dia kepada wartawan di Mapolda Maluku, Rabu (9/10).

Mantan Wakapolda Daerah Istimewa Yogyakarta itu menegaskan, kepedulian dari Polda Maluku, terhadap para korban gempa terus dilakukan sampai pemerintah mengatakan proses penanganan korban gempa bumi di Maluku selesai. “Kita semua mendukung untuk pemulihan korban gempa bumi, kita juga selalu berdoa sehingga semuanya bisa selesai dan masyarakat bisa hidup seperti dulu lagi,” bebernya.

Disinggung soal bantuan dari Polda lain yang masuk ke Polda Maluku, alumnus Akpol 1987 ini mengaku ada. Hanya saja belum dipastikan bantuan dari mana yang tiba duluan di Maluku. “Bantuan dari Polda lain juga akan masuk, karena kemarin sudah ada instruksi dari Mabes Polri. Siapa yang ada tiba duluan belum bisa kita pastikan, tapi besok (hari ini-red) bantuan dari Baharkam Polri sudah tiba dan akan diserahkan langsung Kabaharkam Komjen Pol Condro Kirono,” terangnya.

Untuk bantuan dari Baharkam, lanjut orang nomor dua di Polda Maluku ini, direncakan disalurkan ke Pulau Haruku dan kecamatan Salahutu. “Kemudian dihari berikutnya akan ada lagi bantuan-bantuan dari beberapa Polda, termasuk Kepuluan Riau, akan masuk kesini dan langsung disaluruhkan kepada para korban gempa yang ada di lokasi-lokasi pengungsian,”tandasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol. Mohamad Roem Ohoirat menambahkan, penyaluran bantuan ke-10 titik lokasi pengungsian di kecamatan Leihitu dan Salahutu diantaranya, Pesantren Hisbullah Negeri Hitu, lapangan bola dusun Wanat, pengungsi asal Waimolong negeri Hitu, dusun Oli Gunung, pengungsi asal desa Wakal, lokasi pata raja desa Morela, gunung parsan atau SMA Negeri 1 Hila. Lalu Kampus Darussalam Tulehu, desa Tenga-Tenga, desa Suli, depan SMP Negeri Liang, dan desa Waai. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed