by

Bangunan di BPN Maluku Terbakar, Tak Ada Korban

AMBON,MRNews.com,- Kebakaran menimpa ruangan bidang pengukuran infrastruktur pertanahan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Maluku di jalan Jendral Sudirman, Negeri Hative Kecil-Ambon, Jumat (10/1/2020) sekitar Pukul 14.30 WIT.

Beruntungnya, kebakaran itu tak menelan korban jiwa. Hanya kerugian materiil berupa satu unit komputer, dua buah Scanner, dua buah Printer merk Canon dan dua unit AC. Sementara dokumen-dokumen penting pada ruangan tersebut telah diamankan pada ruang Aula Kanwil BPN Maluku.

“Keseluruhan hangus terbakar, kerugian di perkirakan puluhan juta rupiah. Tak ada korban jiwa karena saat kejadian para pegawai sementara istirahat makan siang sehingga ruangan tersebut dalam keadaan kosong,” ungkap Kasubag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease Iptu Julkisno Kaisupy kepada awak media, Jumat (10/1).

Menurut saksi Wahyuni Nifinluri (23), lanjut Julkisno, awalnya saksi bersama rekan-rekannya sementara berada dalam bangunan kantor BPN Kota Ambon yang berpapasan langsung dengan ruangan bidang pengukuran infrastruktur pertanahan Maluku. Tiba-tiba ada gumpalan asam hitam yang sangat tebal keluar melalui plafon ruangan.

“Saksi dan rekannya langsung memberitahukan kejadian itu ke pegawai lain agar segera menghubungi pihak pemadam kebakaran. Beberapa pegawai lain berusaha memadamkan api dengan alat seadanya dan berupaya mengamankan dokumen-dokumen penting,” bebernya.

Saksi lain Willem Lopes (57) menuturkan, saat kejadian saksi berada di gedung utama. Tiba-tiba mendengar suara sirene mobil Damkar. Saksi langsung mengecek ternyata pihak Damkar sudah memecahkan kaca ruangan untuk melakukan pemadaman api. Dibantu 1 unit mobil tangki air PMI, 1 regu unit PRC Polresta Ambon dan personil Polsek Sirimau.

“Sesuai keterangan saksi, dugaan sementara penyebab kebakaran terjadi akibat hubungan arus pendek listrik yang berada pada bagian plafon ruangan bidang pengukuran infrastruktur pertanahan Provinsi Maluku,” tukas mantan Kapolsek Teluk Ambon. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed