by

Atasi Parkir Ganda, Saatnya Ambon Butuh Gedung Parkir

AMBON,MRNews.com,- Guna mengatasi persoalan parkir ganda yang kerap terjadi sehingga menyebabkan kemacetan pada ruas-ruas jalan tertentu, sudah saatnya Kota Ambon harus memiliki gedung parkir dan taman khusus parkir.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Ambon Robby Sapulette mengaku, parkir ganda kendaraan roda empat yang masih terlihat salah satunya di kawasan jalan A.Y Patty dan beberapa titik terpantau dari Command Center Pemerintah Kota (Pemkot) merupakan signalemen bagi Pemkot.

“Mengapa terus terjadi demikian, sementara aturan sudah ada, karena ini signalemen kalau kota ini sudah harus punya gedung parkir dan taman khusus parkiran,” terang Robby kepada media ini di Ambon, Selasa (8/6).

Pertumbuhan ekonomi di Kota Ambon yang semakin melesat tinggi, dan jumlah kepemilikan kendaraan meningkat diakui Robby, telah menjadikan gedung parkir atau taman khusus parkir sebagai salah satu kebutuhan mendasar bagi publik.

“Pertumbuhan ekonomi, kepemilikan kendaraan pribadi, aktivitas ekonomi bergerak, menjadi salah satu dasar kuat, bahwa kita di Kota Ambon sudah harus memiliki gedung parkir,” bebernya.

Adanya gedung parkir dan taman khusus parkir, diakui Robby, telah menjadi rencana jangka menengah Dishub. Hanya saja, pihaknya terkendala dengan masalah lahan.

“Persoalan lahan saat ini jadi masalah. Namun untuk sementara yang menjadi rencana kita itu Pasar Gotong Royong, nanti kita jadikan gedung parkir. Kedepan asalkan kemampuan keuangan daerah cukup dan lahan tersedia, kita bangun gedung parkir,” terangnya.

Sembari menunggu semua itu, tambah Robby, menjadi komitmen pihaknya akan secara gencar melakukan patroli, guna menertibkan parkir ganda dibeberapa ruas jalan utama terutama pada zona strategis. Sebab aturan sudah jelas, dilarang parkir ganda.

“Petugas akan melakukan penertiban secara rutin, terhadap kendaraan roda empat yang melakukan parkir ganda di ruas-ruas jalan. Aturan tetaplah aturan, dibuat untuk ditaati. Ini demi kebaikan kita bersama untuk Ambon lebih tertib,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed