by

Ambon Zona Merah Hoax, Joy: Masih di Orange

AMBON,MRNews.com,- Informasi yang berseliweran tentang Kota Ambon yang kembali ke zona merah ditepis satuan tugas (Satgas) percepatan penanganan Covid-19 karena hoax atau tidak benar.

Menurut juru bicara (Jubir) Satgas Covid-19 kota Ambon Joy Adriaansz, kota Ambon saat ini masih berada dizona orange atau dengan kategori resiko penyebaran sedang, per tanggal 20 Juni 2021.

“Sesuai data yang dikeluarkan Satgas Covid-19 nasional per tanggal 20 Juni 2021, Kota Ambon masih ada dizona orange. Itu artinya, berita yang beredar di publik bahwa Ambon kembali ke zona orange tidak benar alias hoax,” tandas Joy melalui pesan WhatsApp, Kamis (24/6).

Diakuinya, posisi Ambon yang berada dizona orange masih bertahan dengan skoring diangka 1,95 atau turun dari 2,09 per 13 Juni lalu. Bersama dengan kota Ambon dizona yang sama ada Kabupaten Kepulauan Aru yang memiliki skoring zonasi 2,07.

Sedangkan, zona kuning atau resiko rendah dengan skoring 2,65 ialah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Kabupaten Buru dengan skoring 2,6. Disusul Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) dan Maluku Tengah (Malteng) masing-masing memilik skoring 2,6 dan 2,49.

“Sisanya zona hijau di Maluku yakni Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Maluku Barat Daya (MBD) dan Seram Bagian Timur (SBT) serta Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT). Ini perlu kami jelaskan agar masyarakat dan siapapun mengerti, bahwa penentuan zonasi tidak semudah yang dibayangkan,” tandasnya.

Memang diakuinya, angka terkonfirmasi positif di Ambon dalam sepekan terakhir naik drastis. Dimana per Rabu, 23 Juni 2021 kasus terkonfirmasi diangka 187 kasus. Namun hal itu bisa ditutupi dengan angka sembuh yang juga tinggi.

Meski demikian, Pemkot dan Satgas kota tambahnya, tetap ingatkan masyarakat untuk tidak abai terhadap protokol kesehatan (Prokes) yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menjauhi kerumunan.

“Data itu jadi acuan, namun penentuan zonasi bukan dari Satgas provinsi atau kota tapi ditentukan Satgas nasional. Tetap disiplin Prokes, untuk menekan penyebaran Covid-19 meluas. Tanpa itu, susah untuk kita bisa kembali ke zona kuning,” pungkasnya.

Diketahui, Satgas Covid-19 provinsi dalam sepekan terakhir mengeluarkan info grafis yang didalamnya tertera sebaran zona untuk Ambon, Aru dan Malteng dominan merah. Hal ini yang kemungkinan membangun spekulasi info zona merah kota Ambon beredar dipublik. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed