by

19 Agustus, Ibu Hamil Usia Kandungan 13 Minggu Divaksin

AMBON,MRNews.com,- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon berencana melakukan penyuntikan vaksin kepada ibu hamil dengan usia kandungan 13 Minggu lebih pada 19 Agustus mendatang, bertepatan dengan HUT provinsi Maluku.

Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon A. G, Latuheru katakan, vaksinasi massal bagi ibu hamil akan berlangsung di Pattimura Park Kota Ambon. Hal itu guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19, Pemkot Ambon rencananya akan melakukan vaksinasi massal, bagi Ibu Hamil, dikawasan Pattimura Park, Kamis (19/8) mendatang,” tandas Latuheru kepada awak media di Ambon, Senin (16/8).

Penyuntikan vaksin COVID-19 bagi ibu hamil yang dilakukan secara massal itu sebutnya, hanya diperuntukkan bagi wanita yang usia kandungannya di atas 13 minggu.

Karena itu Pemkot kata Latuheru, berharap agar ibu-ibu hamil yang ada di Kota Ambon bisa berpartisipasi dalam mensukseskan vaksinasi massal itu.

“Jadi sekarang kan ibu hamil sudah bisa divaksin. Artinya selain melindungi ibunya dari terpapar virus tetapi juga ikut menjaga anak didalam kandungan agar tetap sehat. Sebab vaksin sama saja dengan imunisasi,” jelasnya.

Dia juga mengimbau, agar masyarakat jangan suka menjustifikasi diri sendiri, hanya karena untuk mencari alasan supaya tidak mau disuntik vaksin COVID-19. Padahal vaksin sangat penting dan bermanfaat.

“Yang jadi masalah sekarang, masyarakat suka justifikasi diri sendiri. Ketika ditanya kenapa tidak mau vaksin, mereka jawab, sedang alami penyakit ginjal, lambung lah, tapi justifikasi itu bukan atas keterangan dokter, melainkan diri sendiri, “paparnya.

Menurutnya, tidak perlu takut divaksin lalu justifikasi diri sendiri. Sebab sebenarnya telah jelas bahwa sebelum vaksin, nantinya akan menjalani tahapan skrining, diperiksa dulu kesehatannya dari tenaga vaksinator.

“Kami harapkan masyarakat untuk setop memberikan alasan tidak rasional. Karena, yang bisa menjustifikasi penyakit dalam tubuh seseorang hanyalah dokter,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed