by

15 Mei, Direncanakan Pengumuman Kelulusan SMP-SD

AMBON,MRNews.com,- Meski ancaman pandemi COVID-19 dengan belajar dari rumah, tetapi kalender pendidikan tetap berjalan. Rencananya 15 Mei 2020 nanti, merupakan waktu pengumuman kelulusan tahun 2020 untuk tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah dasar (SD).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Ambon Fahmi Salatalohy mengatakan, semua petunjuk sudah ada, tinggal dilaksanakan oleh sekolah. Dimana seluruh kebijakan tentang kelulusan dan kenaikan kelas itu akan menjadi tanggungjawab sekolah.

“Sekitar tanggal 15 Mei. Dari petunjuk teknisnya sudah ada semua, tinggal penilaian itu akan ditentukan oleh sekolah, seperti itu. Karena bulan Mei telah masuk penerimaan peserta didik baru (PPDB),” kata Fahmi kepada awak media di Balaikota Ambon, Selasa (5/5).

Untuk kriteria kelulusan kata dia, dilihat atau dinilai dari proses pembelajaran di rumah selama masa pandemi Covid-19. Kemudian dari semua itu akan diakumulasikan, lalu dinilai pihak sekolah berdasarkan pada kriteria belajar di rumah.

Maka diharapkannya, orang tua tidak perlu khawatir meski ditengah pandemi. Sebab kriteria penilaian cukup maksimal akan diberikan pihak sekolah bagi anak-anak.

“Dinilai dari nilai-nilai semester 1,2 dan seterusnya kemudian akan menjadi akumulasi dari nilai-nilai utama. Sehingga ada yang lewat sistem daring ada juga yang guru turun langsung melakukan proses pembelajaran di rumah,” jelas Fahmi.

Jadi tahap sekarang ini diakui Fahmi, pihaknya tidak menerima laporan-laporan bersifat dari daring lagi. Tapi sudah melaksanakan evaluasi sejauh mana efektivitas dari proses pembelajaran yang dilakukan di rumah.

Setelah itu tiap sekolah akan menggunakan teknik penilaian sesuai petunjuk teknis (Juknis) yang telah diberikan Kementerian Pendidikan Nasional.

“Untuk SD tetap akan dinilai dengan karakter maupun assesment karakter yang akan dilakukan oleh sekolah. Soal jumlah siswa yang lulus kita belum tahu. Sebab ini sekolah-sekolah baik negeri maupun swasta, pemerintah lagi mempersiapkan itu semua,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed