by

Virus Omicron Belum Masuk Ambon, Wendy: Antisipasi Pendatang

AMBON,MRNews.com,- Virus varian baru Covid-19 jenis Omicron hingga saat ini masih mewabah di Pulau Jawa, belum ada terindikasi masuk di Kota Ambon. Namun langkah antisipasi penting dilakukan.

“Belum ada terindikasi di Ambon. Itu kan baru ada di Jakarta,” tandas Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy kepada media ini di Balaikota Ambon, Senin (3/1/2022).

Menurutnya, Kota Ambon saat ini sudah nihil kasus Covid-19. Namun untuk mengetahui seseorang terindikasi virus Omicron, salah satunya harus diperiksa Genom Sekuennya.

“Sekarang kan tidak ada kasus. Mau periksa Genom Sekuennya bagaimana. Tidak bisa. Kalau sudah ada yah baru,” jelasnya.

Karena itu penting menurut Pelupessy, Satgas Covid-19 harus terus perketat dipintu-pintu masuk kota Ambon. Untuk mengidentifikasi pendatang yang datang ke ibukota provinsi Maluku ini.

Pihaknya akui Wendy, tetap lakukan Skrining bagi pelaku perjalanan. Demikian pula bagi orang atau pasien yang alami demam, tetap diskrining.

“Kan itu pendatang banyak masuk ke Ambon, jadi harus perketat dipintu masuk. Agar ketika ada yang bergejala langsung katong periksa. Tapi sampai saat ini memang belum ada kasus Omicron,” ungkapnya.

Dirinya pun menghimbau selain ketegasan Satgas Covid-19 di pintu-pintu masuk, tetapi juga protokol kesehatan (Prokes) sangat penting maupun vaksinasi lengkap dosis pertama dan kedua agar melindungi diri dari paparan virus yang lain.

“Terjadi penularan kasus, Omicron masuk ke Indonesia kecil, itu karena vaksinasi kuat. Kuncinya memperkuat vaksinasi untuk mencegah. Dengan ketahanan tubuh yang baik otomatis terlindungi kita punya tubuh,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed