by

Sowan ke Ketua NU, Kapolda: NU Pilar Mendukung Toleransi di Maluku

AMBON,MRNews.com,- Setelah berkunjung ke institusi TNI, kali ini Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif giliran “sowan” ke Ketua Nahdatul Ulama (NU) Wilayah Maluku Karnusa Serang di Kantor NU Maluku, Kamis (13/1/2022).

Kedatangan orang nomor 1 Polda Maluku tersebut didampingi Direktur Intelkam dan Kabid Humas.

“Selaku Kapolda Maluku yang baru, merupakan agenda kami untuk berkunjung pada tokoh-tokoh agama, mengingat NU merupakan salah satu pilar dalam mendukung toleransi beragama di Maluku,” kata Kapolda pada kesempatan itu.

Kapolda mengakui selama ini hubungan NU dengan Polri, khususnya Polda Maluku berjalan sangat baik. Termasuk dalam menekan pandemi Covid-19, dan percepatan vaksinasi di Maluku.

“Saya sebagai warga baru kiranya ke depan ada kerjasama yang lebih baik, dalam berkomunikasi dan berkoordinasi menjaga Kamtibmas dan kemajuan di provinsi Maluku,” harapnya.

Polda Maluku kata dia, selalu membuka diri dalam menerima masukan, saran maupun kritikan. Hal ini juga yang diharapkan Kapolri, bahwa Polri tidak boleh antikritik dan harus menerima masukan dari masyarakat agar ke depan menjadi lebih baik.

Ia mengaku karakteristik wilayah dan penduduk Maluku dengan Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak jauh berbeda.

“Saya baru menjabat di Polda Maluku yang sebelumnya di Polda NTT, yang kita ketahui bersama karakteristik wilayah dan penduduknya tidak jauh berbeda,” katanya.

Didepan Lotaria, Karnusa mengaku dalam waktu dekat pihaknya akan melaksanakan kegiatan pelantikan Ketua Umum NU wilayah Maluku yang baru.

“Untuk diketahui bapak, kantor kami ini haknya masih milik perorangan, sementara kami kontrak. Direncanakan kantor baru kami sementara berjalan pembangunan di Desa Poka,” katanya.

Selama ini menurut Karnusa, pihaknya selalu berkoordinasi dengan TNI dan Polri dalam melaksanakan pembinaan kepada masyarakat.

Pihaknya juga selalu menghimbau warga agar setiap menjalankan aktivitas agar senantiasa menggunakan protokol kesehatan. Ini dilakukan guna menekan angka perkembangan Covid-19 di Maluku.

“Ambon dengan beragam suku dan agama merupakan daerah pasca konflik 1999, telah alami perbaikan signifikan. Kondisi ini tidak terlepas dari peran TNI/Polri dalam menjaga Kamtibmas. Kami harapkan kondisi ini terus ditingkatkan dalam menjalin hubungan baik dan koordinasi kedepan,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed