by

Puncak Peringatan Bulan PRB, Kampus IAIN Ambon “Dihijaukan” Anakan Pohon

AMBON,MRNews.com,- Guna memperkuat mitigasi bencana berbasis vegetasi, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito melakukan penanaman pohon damar di halaman kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, dan beberapa tempat lain secara bersamaan, Rabu (20/10).

Selain Ganip, Gubernur Maluku Murad Ismail, Rektor IAIN Ambon Zainal Abidin Rahawarin, Vice Presiden BNI, Pangdam XVI Pattimura, Kapolda Maluku, Ketua DPRD Maluku, Walikota Ambon diwakili Sekretaris Kota (Sekkot) serta jajaran pejabat tinggi di BNPB.

Kegiatan penanaman pohon itu menjadi bagian dari rangkaian peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) BNPB tahun 2021 yang dipusatkan di Kota Ambon.

Selain damar atau agathis, jenis pohon yang juga ditanam meliputi kayu putih, mangga, langsat, salawaku, agatis, lenggua, kayu besi, durian, rambutan dan kinar.

Beberapa jenis pohon tersebut adalah jenis tanaman kuat yang memiliki nilai ekonomi sekaligus bermanfaat sebagai penyangga dan pengikat tanah, sehingga dapat berfungsi untuk mitigasi dan pengurangan risiko bencana berbasis vegetasi.

Gubernur mengaku, aksi penanaman pohon menjadi investasi bagi kelangsungan hidup anak cucu dimasa depan, setidaknya warisan alam yang asri diupayakan untuk mereka nikmati. Demikian pula aksi bersih sungai jadi langkah sederhana untuk meminimalisir resiko banjir.

“Satu pohon yang ditanam bisa selamatkan ribuan makhluk hidup dimasa mendatang. Saya harapkan aksi ini jangan hanya dilaksanakan pada momentum bulan PRB saja, tapi mesti jadi agenda rutin kita semua,” pesannya.

Usai penanaman pohon, Kepala BNPB dan Gubernur melakukan pelepasan gerakan mobil masker di Ambon, yang akan membagikan lebih dari 50 ribu masker, HandSanitizer dan sabun cuci tangan kepada masyarakat di Kota Ambon.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BNPB RI juga menyerahkan hibah 1 unit mobil rescue dari BNPB kepada Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Maluku. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed