by

Pemkot-Mitra Teken PKS, Produk IKM Lokal Siap Masuk Hotel & Resto

AMBON,MRNews.com,- Guna pengembangan promosi sentra Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Ambon, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon lewat Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) dan sejumlah mitra usaha lakukan penandatanganan kesepakatan bersama (PKS), Kamis (1/12).

Penandatanganan oleh Kadis Perindag Sirjhon Slarmananat bersama pimpinan mitra usaha terkait, yang disaksikan Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena.

Mitra usaha yang diajak kerjasama tersebut ialah Santika Premiere Hotel, Manise Hotel, Kamari Hotel, Pacifik Hotel, The City Hotel, The Natsepa Hotel, Golden Palace Hotel, Restoran Sari Gurih dan Restoran Rasa Gurih.

Dengan ditekennya PKS ini, maka produk lokal IKM Kota Ambon bersiap masuk pasar yang lebih konkrit seiring tersedianya sentra IKM di Hotel dan Restoran tersebut.

“Kita rencana membuat walang IKM di hotel dan restoran, guna promosi usaha mereka. Juga berharap ada kerjasama oleh pihak hotel bisa siapkan misalnya jus pala yang diolah pelaku IKM sebagai welcome drink bagi para tamu. Akan ditindaklanjuti dengan PKS antar hotel-resto dan IKM,” tandas Slarmananat.

Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena tegaskan, IKM-UKM merupakan sektor usaha yang tetap eksis meski ditengah Pandemi Covid-19 dan resesi ekonomi, hal ini patut diapresiasi. Sebab
melakukan suatu usaha tidak mudah, butuh kerja keras.

“Saya berharap lewat kerjasama ini, minimal akan disediakan welcome drink di hotel berupa jus pala dan aqua, atau minimal ada etalase IKM/UKM di hotel dan restoran. Itu wujud nyata kita saling menopang bagi kemajuan ekonomi di kota ini,” ingatnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akuinya,
tidak bermaksud beratkan hotel tapi untuk mempermudah UKM-IKM agar tersedia pasar guna produk mereka dijual karena mereka juga membantu pemerintah menekan angka pengangguran dengan sediakan lapangan kerja.

“Layanan umum seperti mall, gerai modern pun wajib sedia ruang khusus bagi IKM-UKM tentu sesuai syarat. Kalau IKM, pemerintah dan pengusaha sudah sepakat maka ekonomi kota Ambon maju. Sejauh ini sudah 39 IKM terdaftar dan masuk di e-Katalog Pemkot. Kita harap terus bertambah jumlahnya,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed