by

Pangdam Rintis Walang Belajar & Bantu Buku di Seram Utara

AMBON,MRNews.com,- Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Jeffry A. Rahawarin merintis berdirinya rumah/walang belajar sebagai fasilitas pendukung belajar anak-anak di Negeri Kanike dan Huaulu di Seram Utara (Serut) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Sabtu (24/7).

Hal itu dilakukan Jenderal Jeffry sebagai wujud merayakan hari anak nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli.

Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold A.P Ritiauw meninjau rumah belajar tersebut. Selain walang, anak-anak juga mendapat bantuan kelengkapan belajar berupa buku-buku dan alat tulis.

Pangdam kata Danrem, menyampaikan penghargaan dan apresiasi tinggi kepada Danramil 1502-05/Wahai yang dalam waktu seminggu dapat menterjemahkan keinginan Panglima untuk mendirikan rumah/Walang belajar bersama masyarakat di Desa Kanike dan Hualulu untuk mencerdaskan anak-anak dikedua desa tersebut.

“Mereka anak-anak Indonesia. Yang harus merasakan pendidikan dan belajar dengan fasilitas yang sama seperti teman-teman lainya di daerah lain,” ujar Ritiauw.

Walang belajar ini juga sebutnya, sebagai solusi dari terhambatnya salah satu program belajar “Klassku” yang dicanangkan Pangdam beberapa waktu lalu.

Program itu tidak optimal karena keterbatasan akses internet diwilayah Seram Utara dan sebagian besar wilayah lain di Maluku dan Maluku Utara.

“Kedepannya, diharapkan rumah belajar ini dapat diikuti dan menjadi role model bagi Kodim lainnya diwilayah Kodam XVI/Pattimura, minimal tiap Koramil mempunyai dua rumah belajar,” harap Danrem.

Diakui, semangat luar biasa Danramil/Babinsa dan dukungan Raja ketiga desa maupun tokoh masyarakat setempat seperti Pendeta Glenn Nahumury dan Kapten La Ode Maaruf, telah menjawab keinginan masyarakat yang rindu akan kemajuan anak anak mereka, kemudian bahu-membahu hingga berdirinya rumah belajar tersebut.

Pada kunjungan Danrem, Bupati Malteng Abua Tuasikal, Raja Negeri Adat Hualulu, Raja Negeri Kanike, Raja Negeri Roho serta masyarakat ketiga desa itu ucapkan terima kasih kepada Pangdam atas bantuan pembangunan walang belajar.

“Terima kasih kepada pak Pangdam yang sudah menindaklanjuti permintaan kami untuk membangun walang belajar dan memberi bantuan buku bagi generasi penerus bangsa. Walang belajar ini, sangat membantu anak-anak kami dalam belajar,” tandas Pendeta Glenn. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed