by

Usung Tema Disiplin Positif, PKM Hibah Mahasiswa IAKN Ambon Jawab Kebutuhan Jemaat Manusa

AMBON,MRNews.com,- Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Kristen (PAK) IAKN Ambon melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Hibah mahasiswa di Jemaat Manusa, Klasis Kairatu, Kecamatan Inamosol, Kabupaten Seram Bagian Barat.

Kegiatan yang berlangsung selama 6 hari, sejak 12 – 17 Mei 2023 terlaksana dengan sangat baik.

Mahasiswa Prodi PAK yang terlibat berjumlah 6 orang, yaitu Aldiri Rerine (Ketua Tim), Sintike Salamor (Sekretaris), Susan Baragain (anggota), Katrine Busy, (anggota), Natanel Burnama (anggota), dan Rendy Amanakuany (anggota). Satu mahasiswa Prodi BKK, Alex Noya.

Mereka didampingi dosen, Dr. S. L. Souisa, M.Th, Dr. Korina Makulua, M.Pd.K, dan Hendrik Tuaputimain, M.Si.

Mengusung tema Pendekatan Disiplin Positif dalam Pendidikan Anak di Gereja, mahasiswa Prodi PAK membawakan materi yang kreatif dan inovatif bagi anak SMTPI Jemaat Manusa.

Materi “Bijak Bermedsos” dipaparkan Aldri Rerine, dengan tujuan untuk menjadikan anak SMTPI bijak memanfaatkan media sosial untuk hal baik, sesuai jenjang usia.

Materi “Menjadi Anak dan Remaja yang Disiplin” dipaparkan Sintike Salamor. Materi ini bertujuan untuk membangun karakter dan kepribadian anak SMTPI yang saling menghargai dan menghormati sesama teman, pengasuh, dan orang tua.

Kemudian materi “Positif dalam berTiktok” oleh Susan Baragain dan Rendy Amanakuany, bertujuan mengajarkan anak SMTPI menggunakan media Tiktok untuk kegiatan positif dan bermanfaat dengan memanfaatkan lingkungan sekitar.

Selanjutnya materi “Pelatihan menggunakan Media Canva” oleh Natanel Burnama dan Katrine Busy, bertujuan mengajarkan anak SMTPI mampu menghasilkan media belajar edukatif.

Diikuti materi “Relaksasi” dibawakan Dosen BKK, Hendrik Tuaputimain, M.Si. Materi ini bertujuan memberi penyadaran kepada anak dan remaja terhadap pengorbanan dan kasih sayang orang tua, serta mengembalikan semangat mereka melalui relaksasi pikiran.

Terakhir, Game Disiplin yang dibawakan Alex Noya, mahasiswa BKK, bertujuan untuk melatih disiplin dan kejujuran anak.

Dosen pendamping, Dr. S. L. Souisa, M.Th katakan, semua materi yang diberikan mendapat tanggapan positif dari anak SMTPI Jemaat Manusa, Klasis Kairatu, karena menjawab kebutuhan jemaat di daerah pegunungan.

“Kami sangat senang, karena kami baru pertama kali mendapat materi ini. Kami belajar menjadi anak yang disiplin positif dan mampu bijak menggunakan media sosial, serta kreatif membuat video edukatif dari lingkungan sekitar. Kami belajar hal baru, apalagi kami jauh dari kota. Terima kasih, kakak-kakak mahasiswa.” ujar Aldo Souhaly, anak SMTPI Jenjang Remaja.

Selain dari anak-anak, kegiatan PKM Hibah Mahasiswa IAKN Ambon juga mendapat respon positif dari Ketua Majelis Jemaat, Destien Almie Salampessy.

“Saya begitu senang dan apresiasi kepada adik-adik mahasiswa yang telah berbagi ilmu pengetahuan dengan anak-anak di Jemaat Manusa Klasis Kairatu, di saat akhir tugas dan pengabdian saya di sini” ujar Salampessy sukacita dan sumringah.

Sebelumnya, Pejabat Desa Manusa yang diwakili Sekretaris Desa, Bapak Anes Neyte pun demikian sukacita. Pihaknya berterima kasih kepada Tim PKM Hibah Mahasiswa karena telah memilih Desa Manusa sebagai tempat PKM.

“Kami menyambut penuh sukacita, kedatangan para mahasiswa dan dosen di Negeri Manusa. Meski menempuh perjalanan jauh dengan akses jalan kurang baik sampai disini, dosen dan mahasiswa tetap semangat memberikan ilmu pengetahuan dan pembelajaran yang sangat berharga bagi anak-anak kami,” ujar Neyte.

PKM Hibah Mahasiswa ditutup dengan kegiatan Perenungan bersama orang tua dan anak SMTPI jenjang Tanggung dan Remaja. Perwakilan peserta jenjang remaja, yaitu Aldo Souhaly, Jesen Ruspanah, dan Alisya Latue memberikan kesan dan pesan mengakhiri acara tersebut. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed