by

Mari Berjuang, Bertumbuh & Melangkah Maju Dengan Semangat untuk Bangkit

-Maluku-77 views

AMBON,MRNews.com,- Polda Maluku menggelar upacara peringatan hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 tahun 2023 di lapangan Polda Maluku, Letkol Pol Chr. Tahapary-Ambon, Senin (22/5).

Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, selaku inspektur upacara. Wakapolda Brigjen Pol Stephen M. Napiun, Irwasda Maluku Kombes Pol Jannus Parlindungan Siregar, dan seluruh pejabat utama Polda Maluku hadir dalam upacara.

Plt Menteri Kominfo RI Mahfud MD dalam amanatnya yang dibacakan Kapolda katakan, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala. Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan utuh dengan didirikannya Budi Utomo 20 Mei 1908.

“Dengan mewujudkan Indonesia sebagai negara yang satu yang berdaulat adil dan makmur, dengan didirikan oleh DR.Soetomo bersama para mahasiswa School TOT Opleading Van Lndishe Arsten (STOVIA) Budi Utomo berdiri untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketinggalannya di masa itu,” katanya.

Budi Utomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar 3 tujuan yang menjadi cita-cita kebangkitan nasional yaitu, yaitu memerdekakan cita-cita kemanusiaan; memajukan nusa dan bangsa; dan mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

“Saat ini kemerdekaan telah kita raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak mengobarkan api. Maka dengan upacara saat ini dengan mengusung tema “Semangat Untuk Bangkit” demi mewujudkan Indonesia Emas 2045,” katanya.

Pada 5 Mei 2023, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan status publik health emergency of internasional concern atau darurat kesehatan global untuk covid 19 secara resmi dicabut.

“Kita bersukur setelah melalui krisis pandemi selama tiga tahun terakhir, momentum untuk memaknai hari kebangkitan nasional ke 115 ini sebagai membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi,” katanya.

Semangat untuk bangkit dan mempercepat pemulihan global pasca pandemi dengan tema “Asean Matters Epicentrum Of Growth”.

“Dengan tema tersebut Indonesia ingin menjadikan Asia Tenggara sebagai kawasan yang penting dan relevan bagi seluruh dunia dalam merespon tantangan regional, sekaligus memperkuat posisi Asean sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi dunia,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolda menambahkan, bara api semangat kebangkitan yang dijaga saat ini harus menjadi lentera penerang harapan. Hal ini juga sekaligus sebagai penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak.

“Dengan memaknai dan memperingati hari Kebangkitan Nasional ke 115, kita semua harus berjuang, belajar, bertumbuh, dan terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit,” demikian Irjen Lotharia. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed