by

Makan Bersama Siswa Dikmaba, Dua Jenderal di Maluku Ini Beri Motivasi

AMBON,MRNews.com,- Dua Jenderal Bintang Dua di Maluku yaitu Kapolda Irjen Pol Lotharia Latif, bersama Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh Setyawibawa, makan siang bersama 97 siswa Dikmaba TNI AD tahun 2022 di Rindam XVI/Pattimura, Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (6/12).

Pangdam Pattimura, Ruruh Setyawibawa, mengaku pihaknya mendapat kehormatan dengan kedatangan Kapolda dan jajaran.

“Kami dapat kehormatan kedatangan tamu Kapolda dengan jajarannya di Mako Rindam Pattimura khususnya di Secaba untuk yang pertama silaturahmi kemasannya makan siang tapi esensinya silaturahmi,” katanya.

Diakuinya, kegiatan ini mengandung makna luar biasa. Karena para siswa Dikmaba ini merupakan pelaksana lapangan yang nantinya akan membaur bersama teman-teman Polri dan aparat pemerintah lainnya.

“Artinya ada unsur pemerintah daerah, ada unsur instansi terkait lain. Saya yakin lain waktu kita juga akan berbalas demikian tetapi nilai yang terkandung silaturahmi antara TNI Polri ini harus terus terjaga,” ujarnya.

TNI dan Polri, kata Pangdam harus selalu solid. Kedepan, situasi apapun yang terjadi, solidaritas tentara dan polisi tetap terjaga.

“Solidaritas tidak mengurangi misalnya ada pelanggaran tentu proses hukum harus berjalan. Ini momen bagus. Kita diatas juga sudah terjalin komunikasi yang bagus. Niat baik ini harus kita sambut dengan baik pula,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif mengaku, TNI-Polri memiliki tupoksi, profesionalisme dan tanggung jawab masing-masing. TNI khususnya penjaga pertahanan dan kedaulatan negara, sementara Polri menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Ini adalah takdir kita semua, kita tidak bisa memilih,” ungkap Kapolda.

Lotharia mengajak para siswa Bintara TNI AD untuk senantiasa bersyukur. Menghargai tugas, dan menyayangi pekerjaan pasti akan mencegah kalian melakukan pelanggaran-pelanggaran baik itu masalah disiplin apalagi sampai terlibat pidana.

Para siswa Dikmaba juga patut bersyukur karena bisa duduk di tempat ini dan makan di ompreng bersama Kapolda dan Pangdam.

“Sayang ketika nantinya dalam penugasan kalian melakukan pelanggaran, padahal perjalanan kalian begitu susah. Saya pun setiap memberi arahan ke anggota Polda Maluku selalu memotivasi betapa sulitnya perjuangan kalian sampai menjadi anggota Polri,” pinta ingatnya.

Kapolda berharap ke depan ada integrasi antara SPN Polda Maluku dan Rindam XVI/Pattimura.

“Terima kasih kepada Dan Rindam, dan saya merasakan selama ini kerjasama kita cukup baik. Saya kira inilah wujud nasionalisme kita TNI Polri, wujud kita menjaga NKRI,” sebutnya.

Irjen Latif mengharapkan agar soliditas dan sinergi TNI Polri dapat terus terwujud di Maluku.

“Katong semua basudara saya juga sampaikan ini di SPN rekan-rekan TNI itu saudaramu bukan musuhmu, setiap ada persoalan kita selesaikan dengan baik, jika ada persoalan besar kita kecilkan, jika ada persoalan kecil yang muncul kalau bisa kita minimalisirkan. Semangatnya adalah kita sama-sama menjaga NKRI,” harapnya.

Kapolda berharap 97 siswa Dikmaba TNI-AD ini dapat lakukan pendidikan dengan baik sehingga selesai semua juga tepat waktu dan berakhir tak kurang orang.

“Tidak semua orang diberikan kesempatan bisa duduk di tempat ini, orang bersusah payah, jadi saya ingin memberi semangat kepada kalian karena nanti bintara-bintara saya juga akan bekerja sama dengan kalian di lapangan, kalianlah unsur pelaksana utama,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed