by

Luncurkan ADM, Walikota: IT Jadi Peranan Penting di Era Sekarang

AMBON,MRNews.com,- Walikota Ambon Richard Louhenapessy meluncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang bisa mencetak langsung berbagai administrasi kependudukan (Adminduk) di Balaikota Ambon, Jumat (8/4/22).

Peluncuran ADM tersebut ditandai dengan pencetakan e-KTP milik Walikota, Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler, Ketua DPRD Ely Toisuta dan salah satu perwakilan warga kota.

Menurut Walikota, ADM ini akan berfungsi sebagai sarana teknologi terbaru dalam memberikan pelayanan lebih maksimal lagi kepada masyarakat melalui pencetakan Adminduk baik e-KTP,  KK, akte kelahiran dan sebagainya.

“Kita sekarang berada di era digitalisasi. Informasi Teknologi (IT) jadi peranan kunci utama kita dalam setiap aktivitas. Jadi trend terbaru bagi seluruh kegiatan pelayanan publik yang dijalankan,” tandas Louhenapessy.

Terhadap kondisi ini dirinya mengaku, selaku Walikota bahagia karena bisa beradaptasi dengan teknologi tetapi disisi lain, ada kekhawatiran tersendiri terhadap bagaimana potensi rekrutmen tenaga kerja yang perlahan tapi pasti telah diambil alih kerjanya oleh mesin berteknologi.

“Kalau kita tidak meng-upgrade diri secara baik maka otomatis kita akan tertinggal. Karena dengan mesin ADM ini saja kita bisa bayangkan, berapa pegawai yang kerjanya sudah dicover oleh mesin teknologi,” jelasnya.

Hal itu sambungnya menjadi tantangan tersendiri sehingga perlunya peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi perkembangan teknologi.

“Ini yang menjadi tantangan kita. Sehingga bisa dipahami kalau pemerintah pusat dengan kebijakan nasionalnya mulai lagi membatasi penerimaan ASN, karena rekrutmen dan pola pemanfaatan teknologi yang sudah semakin luar biasa,” tegasnya.

Maka sebagai Walikota, Louhenapessy memberi apresiasi kepada Sekretaris Kota (Sekkot) Agus Ririmasse yang diberikan tugas khusus untuk membenahi pelayanan publik pada dinas kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

“Saya memberi penugasan khusus kepada beliau (Sekkot) karena beliau punya expert tersendiri di bidang ini. Pengalaman bekerja pada Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Kadis Dukcapil dan Asisten I Kota Kupang. Bahkan di-advice khusus dari Walikota Kupang soal beliau,” ujarnya.

Selain masalah di Dukcapil tapi tambahnya, ada sisi lain yang perlu juga dibenahi seperti perpajakan, perijinan. Itu menjadi tantangan kedepan. Maka penting penguatan kapasitas sumber daya manusia (SDM). (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed