by

Kapolda: Jadikan Natal Momentum Meningkatkan Iman Kristiani

AMBON,MRNews.com,- Keluarga Besar Polda Maluku menggelar ibadah perayaan Natal Kristus di Ruang Rapat Utama, Markas Polda Maluku, Kota Ambon, Jumat (7/1/2022).

Ibadah Perayaan Natal dipimpin Pendeta J.M. Batkunde, dihadiri Kapolda Irjen Pol Lotharia Latif, Wakapolda Brigjen Pol Jan de Fretes, para pejabat utama maupun Polres jajaran serta seluruh personil Polda Maluku.

Kapolda memberi apresiasi karena pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 berlangsung kondusif, sehingga kini berkumpul bersama melaksanakan perayaan Natal, sekaligus syukuran pelaksanaan tugas selama tahun 2021 dalam suasana penuh sukacita.

“Pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru yang tergelar dalam operasi Lilin Siwalima 2021 terlaksana dalam keadaan aman, damai dan kondusif. Selaku pribadi dan keluarga serta insitusi, saya ucapkan selamat hari Natal 2021 bagi semua personil yang beragama Kristen dan Tahun Baru bagi kita semua,” ucap Lotaria.

Orang nomor 1 Polda Maluku ini mengajak seluruh personil agar dapat menjadikan perayaan Natal sebagai momentum untuk lebih meningkatkan iman Kristiani.

Ini diharapkan sehingga dapat mendorong kualitas kinerja sebagai insan Bhayangkara dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab.

“Laksanakan tugas untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, selaras dengan tema Natal 2021 yakni “mengamalkan Kasih Persaudaraan Tulus Ikhlas Dalam Melaksanakan Tugas Menuju Polri yang Presisi (I Petrus 1:22)”,” katanya.

Peringatan Natal bagi umat Kristiani juga merupakan salah satu agenda perayaan hari besar keagamaan untuk Polda Maluku.
Namun karena padatnya kegiatan pengamanan Operasi Lilin Siwalima 2021, serta berbagai kesibukan tugas lainnya, sehingga baru terlaksana hari ini.

“Namun tidak mengurangi esensi dan nilai-nilai yang terkandung dalam perayaan Natal tahun ini. Kita patut bersyukur karena perayaan Natal tahun 2021 ini dapat berjalan aman dan kondusif,” jelasnya.

Mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur ini mengaku, seluruh umat Kristiani merayakan Natal dan jalani ibadah di gereja-gereja dengan penuh khidmat, lancar, aman, tertib dan damai dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan covid-19. Begitu pula perayaan pergantian tahun.

“Umat Kristiani dapat merayakan Natal dengan penuh sukacita serta semua masyarakat dapat merayakan pergantian tahun dengan penuh sukaria, meski dalam situasi Pandemi Covid-19, namun tetap berjalan penuh sukacita,” jelasnya.

Kapolda menyebutkan, pada beberapa daerah, telah terlihat kedewasaan dalam kerukunan antar umat beragama. Dimana komunitas agama lainnya secara sukarela turut berpartisipasi dalam membantu kelancaran dan kekhidmatan saat ibadah perayaan Natal dan Tahun Baru.

Situasi dan kondisi seperti tersebut, lanjut dia, merupakan berkat, karunia dari Tuhan Yang Maha Kuasa, yang harus dipelihara, dan dijaga. Sehingga harapannya dari tahun ke tahun setiap pengamanan yang diselenggarakan Polri dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

“Kita menyadari bangsa kita adalah bangsa yang majemuk, terdiri dari suku, agama, etnis, bahasa dan budaya,” kata dia.

Menurutnya, tidak ada cara lain untuk menghadapi kemajemukan itu, kecuali dengan membangun kebersamaan, saling menghormati, serta saling menghargai perbedaan masing-masing. Sebagaimana tema perayaan Natal saat ini.

“Ini agar kemajemukan bangsa dapat kita sikapi dengan penuh rasa syukur dan keragaman yang kita miliki harus kita terima sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” jelasnya.

Olehnya itu, mantan Kakorpolairud Baharkam Polri ini menekankan untuk tetap menjaga dan merawat nilai-nilai luhur Pancasila, maupun kearifan lokal Maluku. Sebab, kedua hal itu merupakan modal yang sangat besar bagi kemajuan bangsa Indonesia

“Jaga dan pelihara stabilitas kamtibmas yang aman, damai, dan kondusif di Provinsi Maluku,” pintanya.

Lulusan Akpol tahun 1988 ini juga mengajak semua pihak untuk terus memupuk semangat toleransi, saling menghormati perbedaan, tidak mudah terprovokasi, serta mengutamakan dialog dalam mengatasi permasalahan yang berpotensi mengganggu kerukunan hidup antar umat beragama.

“Tingkatkan kewaspadaan diri serta peka terhadap setiap perubahan dinamika situasi kamtibmas, dan tingkatkan terus sinergitas dan kerjasama dengan TNI, serta instansi Pemerintah/Lembaga yang ada di provinsi Maluku,” ajaknya.

Jenderal bintang 2 Polri di Maluku ini berharap seluruh personil Polda Maluku agar dapat merefleksikan kasih Tuhan dalam kehidupan sehari-hari.

“Amalkan kasih persaudaraan tulus ikhlas, demi mendukung terwujudnya tugas-tugas Kepolisian. Juga senantiasa membawa damai sejahtera serta mampu membangun semangat kebersamaan dan toleransi diantara pemeluk agama yang berbeda,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed