by

Jemaat GPM Dobo Antusias Ikut PkM Prodi Teologi FISK IAKN Ambon

AMBON,MRNews.com,- Program Studi (Prodi) Teologi Fakultas Ilmu Sosial Keagamaan (FISK) Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon adalah salah satu Prodi yang sangat giat dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Salah satu kegiatan yang dilakukan Prodi Teologi adalah Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) kelompok dosen dan mahasiswa yang kali ini menyasar Jemaat GPM Dobo Klasis Pulau-pulau Aru Kabupaten Kepulauan Aru, 17-21 Oktober 2022.

Kegiatan ini didanai Hibah IAKN Ambon yang setiap tahunnya dikucurkan untuk Prodi yang ada di IAKN Ambon untuk digunakan guna menjawab salah satu Tri Dharma perguruan tinggi yakni Pengabdian kepada Masyarakat.

Kehadiran kelompok PkM dosen dan mahasiswa Prodi Teologi yang dipimpin Kaprodi Dr. Sipora B. Warella, M.PdK ini disambut antusias baik oleh perangkat Majelis maupun seluruh Jemaat GPM Dobo.

Hal ini terlihat dalam pelaksanaan kegiatan jumlah peserta yang hadir jauh dari ekspektasi yang melebihi 100 orang.

Ketua Majelis Jemaat (KMJ) GPM Dobo, Pendeta Jopi Lokollo berharap, kegiatan ini dapat memberi kontribusi baik untuk pengembangan Jemaat kedepan dalam menghadapi segala fenomena yang terjadi didalam wilayah pelayanan baik pada tataran sektor, unit bahkan Sekolah Minggu Tunas Pekabaran Injil (SMTPI).

“Kegiatan ini sangat baik karena diberikan orang-orang yang berkompeten sehingga dapat memberikan tambahan pengetahuan dan perubahan signifikan dalam proses pelayanan nanti. Sebabnya seluruh peserta yang telah diutus harus mengikuti hingga tuntas,” harap Lokollo.

Sementara, ketua tim PKM Prodi Teologi IAKN Ambon Dr. Sipora B. Warella, M.PdK berharap, bagi setiap pemateri untuk memberikan yang terbaik dalam proses pelatihan.

“Karena kehadiran tim PKM di Jemaat GPM Dobo bukan hanya sebatas menjawab tri dharma perguruan Tinggi tetapi lebih dari pada melaksanakan Misi Yesus Kristus dalam melayani sesama dalam ruang lingkup sosial,” tegas Warella.

Adapun kegiatan yang dilakukan selama PkM dosen dan mahasiswa Prodi Teologi yaitu, pelatihan berkhotbah bagi perangkat pelayan yang dibawakaan Dr. Sipora B. Warella, M.Pd.K, pelatihan alat peraga kepada guru sekolah minggu (pengasuh) oleh Flora Maunary, M.Pd.K.

Kemudian pelatihan konseling bagi tim Konseling Jemaat oleh L.L Ririhena, M.Th, pelatihan pembelajaran sekolah Minggu berbasis IT dibawakan Febrilien Matresya Matulatuwa, S.Kom., M.cs, serta pelatihan suling bagi remaja oleh mahasiswa atas nama Leo Siahaan.

“Kegiatan-kegiatan ini berjalan dengan baik dan diikuti seluruh peserta utusan dan yang mewakili sektor dan jenjang sekolah minggu,” sambung Warella.

Pasca tuntasnya PkM di Bumi Jargaria, Pendeta Lokollo berharap hubungan kerjasama antara Jemaat GPM Dobo dengan IAKN Ambon khususnya Prodi Teologi tetap terjalin.

Guna IAKN dapat membantu Jemaat dalam menghadapi perubahan-perubahan teknologi dan mampu menjadikan perkembangan teknologi sebagai hal yang penting dalam meningkatkan pelayanan.

“Prodi Teologi IAKN Ambon tetap ada ditengah-tengah Jemaat GPM Dobo dalam memberi penguatan baik dari sisi spiritual tetapi juga pengetahuan sesuai basic ilmu yang melekat pada civitas prodi Teologi,” tegas Warella merespons harapan KMJ Dobo. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed