by

Fisikawan Indonesia Ajari Ribuan Siswa & Guru di Ambon “Beta Gasing”

AMBON,MRNews.com,- Fisikawan Indonesia dari Surya Institute, Prof Yohanes Surya mengajarkan ribuan siswa dan guru SD-SMP di Kota Ambon dalam sekolah daring, bagaimana Belajar Matematika yang Gampang, Asyik dan Menyenangkan (Beta Gasing), Rabu (1/9).

Puluhan siswa dan guru belajar dari ruang Vlissingen Balaikota sebagai pusat kegiatan. Sedangkan ribuan siswa lain mengikuti secara daring lewat zoom meeting, Youtube Pemkot Ambon dan FB Tabea Amq. Program ini sebagai rangkaian kegiatan menyongsong HUT ke-446 Kota Ambon.

Beta Gasing dilakukan kata Walikota Ambon Richard Louhenapessy, untuk peningkatan kualitas pendidikan di kota Ambon, yang saat ini masih berlangsung secara daring dari rumah masing–masing karena Pandemi Covid-19.

“Pembelajaran daring inilah yang menjadi hambatan sekaligus tantangan bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dalam upaya meningkatkan atau setidaknya menjaga kualitas dan mutu pendidikan, sebagaimana saat pembelajaran tatap muka jalan,” ungkapnya.

Dikatakan, Matematika kerap dianggap mata pelajaran menakutkan bagi siswa, sehingga sulit dipahami baik dalam pembelajaran tatap muka, apalagi daring yang kebanyakan tugas siswa dikerjakan orang tua, karena siswa tidak mampu mengerjakan sendiri.

“Pemkot Ambon sejak 2012 telah bekerjasama dengan Prof. Yohanes Surya dan Surya Institute, dalam gerakan Ambon Pandai Matematika. Program ini dilaksanakan dengan mengirimkan guru untuk belajar metode Gasing,” akuinya.

Kerjasama itu terus berlanjut dengan program Genius, yakni mengirim siswa terpilih yang belajar langsung di Surya Isntitute, serta pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi untuk dididik sebagai Guru Masa Depan.

“Semua ini dilakukan untuk menghasilkan generasi muda Ambon yang cerdas dan brilian serta tangguh nantinya dalam menghadapi tantangan perubahan zaman,” tandasnya.

Sementara, Sekretaris Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Ambon Jhon F Sanders mengaku, kegiatan ini selain diikuti siswa, guru SD dan khusus SMP diikuti guru mata pelajaran Matematik, seluruh kepala sekolah dan pengawas juga wajib ikut.

“Kurang lebih sekolah daring Beta Gasing diikuti 24.667 peserta pada tiga media. Dalam zoom meeting itu 1.000 peserta. Kemudian YouTube Pemerintah Kota Ambon dan facebook Tabea,” bebernya.

Dalam proses pembelajaran itu, Prof. Johanes Surya sebutnya, memberikan softwear pembelajaran matematika ke Kota Ambon, yang diperkirakan sebelum bulan Januari sudah berikan ke seluruh sekolah.

“Kelanjutan pasca sekolah daring Beta Gasing ini dan guna mewujudkan sasaran Ambon Cerdas kita akan meningkatkan kerjasama dengan Prof. Johanes Surya. Agar betul-betul sasaran Ambon cerdas ini akan tercapai,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed