by

Dukung Pariwisata & UMKM NTB, Kominfo Tambah 3 BTS & 78 Titik Akses Internet

-Daerah-367 views

JAKARTA,MRNews.com,- Pemerintah memberikan dukungan penuh untuk meningkatkan layanan didestinasi wisata serta pengembangan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Mandalika dan wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengaku, dukungan dari Kementerian Kominfo (Kemenkominfo) dibuktikan melalui penyediaan infrastruktur digital seperti Base Transceiver Station (BTS) dan akses internet gratis.

“Kominfo sudah bangun 3 BTS tambahan disana (NTB-red), sudah menyiapkan 78 titik-titik akses internet gratis yang langsung ke satelit,” ujarnya dalam acara Karya Kreatif Indonesia 2021: Eksotisme Lombok Seri 1 secara virtual dari kantor Kemenkominfo Jakarta, Rabu (3/3/21).

Selain menghadirkan dukungan infrastruktur digital, Johnny katakan, Kemenkominfo terus menggerakkan hampir semua operator seluler yang telah beroperasi didaerah strategis kepariwisataan Provinsi NTB.

Menurutnya, Indonesia telah mampu beradaptasi dengan ekosistem teknologi komunikasi dan informasi. Oleh karena itu, KemenKominfo hadir memberikan dukungan dukungan bagi pariwisata dan UMKM.

“Kegiatan virtual ini saja sudah memberikan gambaran bahwa Indonesia itu sangat adaptif dan agility (adaptasi dengan teknologi komunikasi dan informatika). Jelas sekali kalau kita bisa manfaatkan teknologi digital dan khusus untuk Mandalika NTB dan sekitarnya,” jelasnya.

Dukungan penyediaan eksosistem digital diakuinya, merupakan sisi hulu, sehingga pemerintah juga ingin mendorong dari sisi hilir.

“Nah hilirnya saya patut juga garisbawahi dan mendukung penuh Gubernur BI melalui aplikasi QRIS (QR Code Indonesian Standard),” ulasnya.

Aplikasi QRIS dari Bank Indonesia sebutnya, merupakan aplikasi terpusat untuk sistem pembayaran yang sangat membantu penjual, pembeli, produsen, merchant diseluruh Indonesia termasuk Provinsi NTB.

Oleh karena itu, Johnny mengajak semua pihak untuk memanfaatkan aplikasi tersebut melalui ruang digital yang lebih baik.

“Saya juga mendorong OJK (Otoritas Jasa Keuangan) membangun capital fencer untuk mendorong financial technology, mendukung UMKM dan produksi-produksi technopark-nya NTB,” tandas politisi NasDem.

KemenKominfo tambahnya, juga mendukung peningkatan sumberdaya manusia di provinsi NTB melalui pendidikan vokasi maupun training atau pelatihan untuk pembangunan pariwisata. Khususnya yang terkait pemanfaatan ruang digital dalam rangka on boarding UMKM.

“Saya juga mau buktikan betapa hebatnya local excellent yang ada di NTB, saya pakai tenunan hasil karya tangan tangan hebat di NTB. Ini bukti kekayaan kearifan lokal di Indonesia yang luar biasa,” katanya bangga saat memakai tenun khas NTB dalam pembukaan Karya Kreatif Indonesia 2021.

Diketahui, pembukaan Karya Kreatif Indonesia 2021: Eksotisme Lombok Seri 1 turut diikuti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Bandjaitan, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan sejumlah Menteri terkait. (**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed