by

Dirjen Apresiasi Kemajuan Pelayanan Dukcapil Kota Ambon

AMBON,MRNews.com,- Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Fakrulloh mengapresiasi kemajuan pelayanan yang terjadi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Ambon.

Apresiasi itu diungkapnya saat datangi langsung kantor Dukcapil Ambon membuka “Dukcapil Belajar” edisi ke-17 sekaligus ingin pastikan pelayanan di Dinas tersebut berjalan lebih baik, cepat dan bisa membuat masyarakat lebih nyaman.

“Alhamdulillah, kondisi ini sudah berbeda dibanding setahun yang lalu. Ketika akhir 2020, saya kesini (Dukcapil-red) masih perlu pembenahan. Sekarang sudah jauh lebih rapi. Terima kasih untuk pa Sekkot, Plt Kadis dan pegawai, kinerjanya semakin meningkat” tandas Zudan, Jum’at (20/5).

Menurutnya, pembenahan ini penting, tak saja dari aspek sarana prasarana tapi juga disiplin pegawai, penataan ruang dan percepatan pelayanan. Sebab dinas Dukcapil ini sentra strategis pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Saya dapat informasi juga bahwa layanan sudah lebih cepat. Ini harapan kita. Tempatnya lebih nyaman, layanannya juga lebih cepat. Alhamdulillah sudah mulai lebih baik. Ini harus terus pertahankan bila perlu ditingkatkan,” harapnya.

Selain itu tambah Zudan, dirinya juga ingin mengecek efektivitas Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Alat sejenis ATM yang berfungsi mencetak KTP-el KK atau KIA lebih cepat, tanpa perlu berurusan dalam waktu lama di kantor.

“Untuk kota Ambon sudah kita kirim setahun lalu. Dan dari bisakan pa Sekkot, sudah dilaunching beberapa waktu lalu dan bahkan sudah beroperasi bagi kepentingan masyarakat,” urai Zudan.

“Nanti kita lihat efektivitas ADM. Jadi kalau memerlukan lebih banyak lagi, nanti kita bisa berikan penambahan. Atau dari CSR BUMN atau BUMD di Kota Ambon, karena biayanya sama dengan yang biasa dikeluarkan untuk iklan di Videotron. Jadi kolaborasi,” sambungnya.

Zudan menambahkan, dirinya pun akan sharing dengan ASN kota Ambon tentang digitalisasi pelayanan publik.

Dimana masyarakat bisa mendapat layanan secara online seperti perizinan, Bansos dan lainnya tanpa perlu ke kantor, cukup dari rumah. Tinggal nanti petugasnya verifikasi.

“Apresiasi kepada Pemerintah Kota Ambon yang tampak nyata pembenahannya, terutama di sektor layanan Adminduk. Saya juga lihat minat masyarakat untuk update data kependudukan sangat bagus. Ini kemajuan budaya Adminduk tumbuh. ,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed