by

Diklatcab HIPMI: Bangun Pengusaha Muda, Dukung Ambon Smart City

AMBON,MRNews.com,- Sebagai upaya membangun pengusaha muda yang bersinergi lintas sektor guna mewujudkan Ambon smart city, Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Ambon menggagas Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Diklatcab) tahun 2020 yang .

Merupakan kegiatan pertama HIPMI Ambon dibawah kepemimpinan Yermia Padang dan Fadli Toisuta, meski belum dilantik. Diklatcab itu pun diapresiasi tinggi Ketua BPD HIPMI Maluku Jaqueline Margareth Sahetapy dan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon. Karena sejalan dengan misi Pemkot untuk tahun ini menjadikan Ambon smart city (kota pintar).

Asisten II Pemkot Robby Silooy katakan, Pemkot terus berupaya menggalakan pengembangan peluang usaha dan investasi terutama pada sektor-sektor unggulan yakni sektor perdagangan atau jasa, pariwisata dan perikanan, dengan terus memacu pembangunan sarana dan prasarana serta infrastruktur pendukung yang memadai serta mempermudah pengurusan perizinan dengan menyediakan pelayanan terpadu satu pintu terhubung dengan sistem OSS secara nasional.

“Masih banyak hambatan dihadapi dalam upaya peningkatan iklim investasi dan usaha di Ambon. Lewat Diklatcab dan HIPMI sebagai wadah berkumpulnya pengusaha muda dan mitra pemerintah, untuk dapat membina, memajukan dan mengembangkan pengusaha muda menjadi profesional, kuat dan tangguh dalam usaha yang ditekuni. Terutama dalam menghadapi Ambon smart city dan revolusi industri 4.0,” ucap Silooy sebelum membuka Diklatcab di Pacific Hotel, Kamis (20/2/2020).

Sementara, Ketua BPD HIPMI Maluku Jaqueline Margareth Sahetapy menilai, Diklatcab jadi momentum organisasi sangat penting di HIPMI yang mampu memberi energi positif untuk mendorong kerja-kerja nyata HIPMI bagi kesejahteraan dan kemaslahatan masyarakat kota Ambon.

Serta upaya melahirkan pengusaha muda baru lewat pengkaderan. Dalam hal itu, HIPMI tidak dapat berjalan sendiri tanpa dukungan pemerintah, legislatif, keamanan dan pihak lainnya.

“Sejak HIPMI ada di Maluku, Diklatcab Ambon ini paling good. Harus diapresiasi. Kehadiran para pemateri Diklatcab menunjukkan kepedulian bagi HIPMI dan sebaliknya, juga sebagai starting bagi atmosfer wirausaha di Ambon. Apresiasi atas kolaborasi yang terbangun. HIPMI mulai tunjukkan keseriusan bagi pembangunan kota Ambon. Kader HIPMI harus produktif dan adaptif agar mampu bersaing. Ini momentum untuk semakin menguatkan networking kerja HIPMI di Ambon,” jelasnya.

Ketua BPC HIPMI Kota Ambon Yermia Padang mengaku, melalui momentum Diklatcab, para pengusaha muda dapat belajar sekaligus membuka wawasan dan pengetahuan tentang entrepreuner. Sehingga kedepannya bisa bersama bergandengan tangan agar pengusaha muda bisa tumbuh.

“Tetap semangat dan kembangkan kemampuan, potensi untuk menjadi pengusaha muda profesional dan berkualitas,” pesan mantan Bendahara Umum BPD HIPMI Maluku.

Ketua panitia Diklatcab Eliza de Lima katakan, pemateri Diklatcab yang diikuti kurang lebih 50 pengusaha muda kota Ambon antara lain Asisten II Pemkot Ambon mewakili Walikota, Kepala BLK Ambon, mewakili Kapolresta Pulau Ambon dan Pp Lease serta Ketua Bidang Infrastruktur BPD HIPMI Maluku Isra Prasetya Idris. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed