by

Didukung INDEPP, Urimessing Kini Miliki Profil Negeri yang Komprehensif

AMBON,MRNews.com,- Melalui kerjasama yang terbangun bersama Institute of Development Economy and Public Policy (INDEPP) Maluku atau lembaga pengembangan ekonomi dan kebijakan publik, Negeri Urimessing Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon kini telah memiliki profil negeri yang komprehensif, yang dituangkan dalam sebuah buku.

Ketua INDEPP Maluku Baretha M Titioka menyatakan, Negeri Urimessing dipilih sebagai pilot project INDEPP dalam mendukung pembangunan Kota Ambon melalui penyajian sebuah data profil yang komprehensif dan bisa dipakai dalam merumuskan program dan kebijakan pembangunan di Desa/Negeri.

“Karena Urimessing ini Negeri unik, berada di pegunungan, pesisir pantai dan sangat dekat dengan pusat kota. Kerjasama membuat profil Negeri ini sejak ditekennya MoU, yang diperkuat dengan perjanjian kerjasama (PKS) pada 13 April 2021 mulai jalan,” tukas Titioka usai penyerahan buku profil Negeri Urimessing, Jum’at (17/12).

Dalam menyusun profil Negeri Urimessing yang komprehensif kata Titioka, butuh waktu 8 bulan hingga penyerahannya ke Pemerintah Negeri hari ini. Bahkan dukungan Pemerintah Negeri lewat perangkat 37 RT dengan melibatkan warga sebagai enumerator, tenaga yang turun langsung mengambil data sesuai kuesioner.

“Hasil olah data survey dan dukungan data sekunder dari Pemerintah Negeri, lahirlah buku. Isinya ada analisa potensi sesuai standar Permendagri nomor 12/2007 yakni potensi SDA, SDM, kelembagaan dan sarana prasarana serta berbagai rekomendasi. Sesuai skoring, Urimessing masih Desa berkembang,” urainya.

Diharapkan dengan buku profil Negeri ini, Urimessing akan menjadi role model bagi Desa/Negeri di Ambon dan membuat lompatan besar. Bahwa pasti ada Desa/Negeri ada yang sudah punya profil, tapi apakah merujuk regulasi komprehensif, itu harus jadi bahan evaluasi bersama.

“Rujukan kita susun profil Negeri Urimessing ini pada UU nomor 6 tahun 2018 tentang Desa. Instrumen lain yang kita gunakan juga merujuk pada Permendagri nomor 12 tahun 2007 tentang pedoman penyusunan profil Negeri, Desa, Kelurahan atau nama lain,” tukas akademisi Politeknik Negeri Ambon itu di Kantor Negeri Urimessing.

Penjabat Kepala Pemerintahan Negeri Urimessing, Arthur Solsolay berterima kasih kepada INDEPP yang sudah membantu Pemerintah Negeri dalam penyusunan profil Negeri. Sebab profil Negeri jadi masalah di Desa/Negeri termasuk Urimessing yang cukup lama tidak miliki data negeri valid.

“Bagaimana kita bisa tahu jumlah penduduk miskin, jumlah warga yang tidak miliki rumah tidak layak. Semua harus termuat dalam profil Negeri. Lewat kerjasama dengan INDEPP, itu terwujud. Tapi kita juga perlu strategi pengembangan Desa/Negeri yang libatkan banyak pihak,” terangnya.

Dilanjutkan Solsolay, profil Negeri sebagai acuan dan dasar agar ketika melakukan perencanaan berangkat dari profil Negeri untuk selanjutnya ada kebijakan strategis dalam membuat program kegiatan. Artinya, profil Negeri memudahkan, membantu.

“Kami yakin profil Negeri ini jadi barometer dari sisi data yang valid, sebab akademisi terlibat dan pakai metode jelas. Juga jadi acuan pengambilan kebijakan dan akan diberikan ke semua RT/RW dan dipublish ke website Negeri agar diketahui warga Negeri, pihak swasta/investor atau siapapun yang ingin tahu potensi di Negeri Urimessing,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed