by

BUMN Berperan Pulihkan Ekonomi, HL Siap Bantu Pengusaha Kecil Dapat KUR

AMBON,MRNews.com,- Kondisi ekonomi Indonesia bahkan dunia saat ini masih dilanda Pandemi Covid-19. Namun peranan BUMN sebagai lokomotif pemulihan ekonomi nasional sangat terasa pentingnya.

Anggota DPR RI Dapil Maluku dari Partai Gerindra Hendrik Lewerissa menegaskan,
pemerintah wajib menyiapkan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) untuk menanggulangi dampak covid-19 terhadap masyarakat.

“Untuk PEN, negara butuh peran BUMN, baik Perusahaan Umum (Perum) maupun Persero. Untuk Perum, syukur-syukur bisa untung dan berikan deviden kepada negara. Kalau dia rugi, memang dia Perum. Beda dengan Persero, seperti Pertamina, PLN, Angkasa Pura yang dibentuk negara untuk mencari keuntungan,” ungkapnya.

Sumbangsih BUMN selama pandemi Covid-19, juga menurutnya, sangat bermanfaat. Dimana saat Covid-19, PLN sempat membebaskan biaya beban bagi masyarakat tidak mampu.

Kemudian Pertamina mengambil kebijakan satu harga, dimana harga BBM di Jawa sama dengan di Papua. Sedangkan bank-bank pelat merah memberi bantuan dana untuk pelaku usaha kecil menengah.

“Namun untuk Maluku, saya temukan banyak pemilik warung kecil tidak tahu ada kredit usaha rakyat (KUR) kecil tanpa bunga, dimana pemerintah ingin agar masyarakat bisa kembangkan usahanya,” beber HL sapaan akrab Lewerissa saat
adakan temu daring dengan pelaku usaha kecil di Kota Ambon, Selasa (14/12).

HL lantas mengharapkan pelaku usaha kecil menengah agar segera memakai fasilitas KUR tanpa bunga tersebut. Namun jika kemudian, pelaku usaha kecil belum tahu proses dan cara mendapatkan, HL siap membantu melalui stafnya.

“Datang ke bank dan ajukan proposal. Kalau tidak tau buat proposal, nanti ibu Irma Betaubun (Staf Ahli-red) ajari dan bantu untuk akses ke perbankan. Bisa dapat hingga Rp 500 juta. Itu tergantung penilaian bank yang bersangkutan,” ungkapnya.

Terlepas dari itu, secara pribadi sejak dilantik menjadi anggota DPR RI pada 2019 lalu, HL mengakui hingga kini telah mengeluarkan dana CSR sebesar Rp 15 milyar.

Dimana kebanyakan program CSR sambung HL, peruntukannya ke rumah ibadah, seperti pembangunan atau rehabilitasi Gereja, Masjid, pastori, taman bacaan.

“Padahal saya juga siap bantu pedagang kecil, program air bersih, penerangan jalan. Jika ada kebutuhan lain dilingkungan bapak/ibu, seperti program air bersih, jalan setapak dan lainnya, bikin saja proposal, nanti dimasukkan ke BUMN,” ajak ketua DPD Gerindra Maluku.

Selain ke rumah ibadah, taman bacaan dan sebagainya, HL berkomitmen untuk tahun 2022 menyasar siswa dan mahasiswa untuk penyaluran dana CSR-nya dalam bentuk beasiswa.

Betapa pentingnya peranan BUMN tersebut kata dia, berangkat dari fakta awal ketika Pandemi Covid-19 menghantam. Dimana meski sudah divaksin dan lakukan protokol kesehatan (Prokes) tapi dampaknya masih terasa, dan sangat berat terhadap perekonomian bangsa Indonesia.

“Bahkan ini seperti mendapat pukulan berat. Sehingga ditahun 2020 pertumbuhan ekonomi negatif. Banyak perusahaan pun gulung tikar, mengakibatkan angka pengangguran meningkatkan. Bahkan dunia pariwisata mengalami kehancuran,” ceritanya.

Bersyukur menurutnya, ditahun 2021 ini sudah ada tanda-tanda perbaikan. Dunia pariwisata mulai bergeliat, dengan dibukanya kembali daerah-daerah tujuan wisata.

Akan tetapi, ditengah kabar baik ini, muncul varian baru Covid-19, Omicroon, yang daya penyebarannya 6 kali lebih cepat dibanding varian delta.

“Dengan keterpurukan ekonomi apalagi makin sempitnya lapangan pekerjaan, rakyat mengharapakan kehadiran negara untuk berlaku adil dan melindungi segenap bangsa Indonesia,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed