by

Bukan di Maluku, Jenazah Kasdam Bakal Dimakamkan di TMP Bandung

AMBON,MRNews.com,- Meskipun dari marganya merupakan orang Maluku asal Desa Kisar Kecamatan Pulau-pulau Terselatan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), namun jenazah Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Stepanus Mahury tidak akan dimakamkan di tanah Maluku.

Kapendam XVI Pattimura Kolonel Inf Adi Prayogo mengaku, jenazah Kasdam sesuai rencana bakal dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra Kota Bandung Jawa Barat, Senin (16/5).

“Sesuai hasil komunikasi dan koordinasi dengan pimpinan tertinggi dan keluarga, jenazah almarhum akan dimakamkan di TMP Cikutra Bandung, tidak di Maluku,” jelas Adi via pesan WhatsApp, Minggu (15/5).

Dikatakan Adhi, jenazah Jenderal TNI Bintang Satu itu sementara disemayamkan di rumah dinas Kasdam, jalan dr Latumeten Ambon.

Lebih lanjut kata dia, rencana upacara persemayaman dan pemberangkatan jenazah dari rumah duka ke Bandara Pattimura pun bakal berjalan mulai pk. 05.30. WIT, Senin.

“Maka bagi rekan-rekan yang mau meliput (wartawan-red) dipersilahkan. Namun dimohon tidak terlalu mendekat, agar dapat mengurangi kerumunan,” jelasnya.

“Sebagian bisa meliput juga di bandara. Sebab rencana, jenazah bakal diterbangkan ke Bandung dengan maskapai Lion Air pukul 07.20 WIT didampingi Pangdam XVI/Pattimura Mayjen Richard Tampubolon, keluarga dan rombongan. Mohon doa agar semuany dapat berjalan lancar,” kunci Adi.

Oleh karena Kodam dalam suasana berduka yang mendalam, maka tambahnya, kelanjutan rangkaian kegiatan HUT ke 23 Kodam XVI/Pattimura sementara ditunda, sampai batas waktu yang akan ditentukan, termasuk kegiatan pemecahan rekor MURI makan Papeda terbanyak di JMP.

Sebelumnya diberitakan, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Stepanus Mahury tutup usia, Sabtu (14/5) di RS Siloam Ambon sekira pukul 17.47 WIT karena sakit.

Padahal sebelum hembuskan nafas terakhir, Jenderal Mahury paginya sempat mengikuti pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) dibawah Jembatan Merah Putih (JMP) Galala jelang HUT Kodam Pattimura bersama Gubernur dan pihak lainnya.

Dan berencana di hari yang sama pada pukul 16.00 WIT, akan ada dalam ziarah dan tabur bunga di TMP Kapaha Tantui bersama pejabat dan personil Kodam Pattimura menjelang HUT ke-23 Kodam. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed